Selasa, Mei 28, 2024

Pembimas Kristen: Berbusana Sopan Saat ke Gereja

S

kupasbengkulu.com – Saat beribadah ke gereja hendaknya umat mengenakan busana pantas. Busana ke gereja sangat perlu diperhatikan, seperti layaknya berbusana sopan dan pantas untuk pergi ke pesta atau ke acara penting lainnya.

Menurut Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Kristen Kemenag Provinsi Bengkulu, Nurma Lumban Siantar, S.Th gereja adalah tempat beribadah yang tidak lain merupakan rumah Tuhan. Jadi saat datang ke gereja artinya umat akan bertamu ke rumah Tuhan.

“Boleh saja ke gereja mengenakan busana santai, tetapi harus tetap rapi, bersih dan sopan. Di gereja banyak umat yang mengikuti kebaktian, jadi jangan sampai busana yang kita kenakan mengusik atau mengganggu kekhusukkan umat lain untuk beribadah,” kata Nurma.

Dalam memutuskan busana apa yang akan dikenakan, hendaknya memikirkan bahwa “Aku berdandan untuk bertemu dengan Tuhanku dan untuk ikut ambil bagian dalam misteri keselamatanku.”

Gereja merupakan ruang kudus yang artinya ruang yang disepakati dan difungsikan khusus bagi Tuhan. Sehingga segala peralatan, perilaku dan penampilan disiapkan secara khusus dan  istimewa untuk Tuhan.

Meskipun di zaman modern, namun diskusi tentang kesopanan (etika) dalam penampilan ketika beribadah tetap harus dipatuhi. Kesopanan atau etika dalam penampilan adalah cerminan penghargaan diri terhadap martabat diri dan pada siapa yang akan ditemui. (beb) 

Related

Pesantren Darrun Nur Dukung Pemerintah Tolak Paham Radikalisme dan Terorisme

Kupas News, Bengkulu - Negara indonesia yang terdiri dari...

Saat Reses, Okti Temukan Pelajar Tak Hafal Al-fatihah

Seluma, kupasbengkulu.com - Wakil Ketua II DPRD Seluma Okti...

Data Kependudukan CJH Tanggungjawab Capil

Seluma, kupasbengkulu.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag...

Cegah Konflik Horizontal, Pemda Batasi Aliran Salafi

Seluma, kupasbengkulu.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma Irihadi mengatakan,...

Hafal Surat Al – Ikhlas Massa 212 Diberikan Makanan Gratis

Kota Bengkulu,Kupaebengkulu.com- Sebagai bentuk solidaritas umat muslim yang menggelar...