Beranda POLITIK PPS Sukarami dan PPK Ratu Samban Langgar Kode Etik Pemilu

PPS Sukarami dan PPK Ratu Samban Langgar Kode Etik Pemilu

0

pemilui

kupasbengkulu.com – Panwaslu temukan pelanggaran kode etik yang dilakukan PPS Sukarami dan PPK Kecamatan Ratu Samban, dalam melaksanakan penyelenggaraan pemilu.

“Temuan pelanggaran kode etik ini sedang dalam proses Bawaslu,” jelas Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu, Fatimah Siregar, M. Pd, Kamis (01/05/2014).

Dijelaskan Fatimah, laporan pelanggaran yang dilakukan 3 orang anggota PPS Sukarami tersebut yaitu, tidak ada ketelitian PPS dalam bekerja, yang mengakibatkan terjadinya kesalahan pengisian suara dari C1 pleno dan C1 KPPS yang berbeda dengan Form D1.

Selanjutnya, pelanggaran yang dilakukan oleh 5 orang anggota PPK Kecamatan Ratu Samban dikarenakan disaat istirahat pleno di tingkat kecamatan, ke 5 anggota PPK ikut pergi bersama salah satu Caleg.

“Tindak pelanggaran anggota PPS dan PPK itu sudah menyalahi aturan kode etik dan asas proporsional dalam pelaksanaan pemilu,” tegas Fatimah.

Pelanggaran yang telah dilakukan para anggota tersebut akan dikenakan sanksi, dan sanksi terberatnya pemberhentian terhadap para anggota PPS dan PPK.(yee)