oleh

Ramadhan, Pemkot Santun 20 Ribu Duafa

Salahuddin yahya
Salahuddin yahya

kupasbengkulu.com – Memasuki bulan ramadhan yang tidak lama lagi, Pemerintah Kota Bengkulu rencananya akan memberikan santunan kepada 20.000 kaum duafa yang ada di Kota Bengkulu, melalui dana BLA alias Bantuan Langsung Allah.

Disebutkan Kabag Humas Pemkot, Dr. Salahuddin Yahya, dana untuk BLA akan digalang dari masyarakat, yang dikumpulkan dalam satu rekening khusus.

“Pada ramadhan tahun ini kegiatan pemerintah kota dipusatkan di Kampung Ramadhan, Masjid At-Taqwa. Selama bulan ramadhan, rencananya Wali Kota akan salurkan BLA kepada 20.000 duafa, yang masing-masing akan diberikan Rp 25 ribu,” ungkap Salahuddin.

Dilanjutkan Salahuddin, pihaknya akan membentuk kepanitiaan dari SKPD. Nantinya juga akan melibatkan instansi seperti PKPU, BAZ, dan lain sebagainya yang sifatnya melakukan penggalangan dana untuk kepentingan kaum duafa.

“Kita akan samakan visinya karena potensi dana untuk kaum duafa sangat besar. Contoh pegawai Pemkot saja sekitar 7.000 orang, kalau semua kita libatkan tentu dananya akan besar. Belum lagi ditambah sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Sehingga diharapkan tidak ada yang memanfaatkan ini untuk saling berkompetisi atau saling bersaing. Semuanya murni bentuk kepedulian terhadap kaum duafa,” tambahnya.

Di tahun sebelumnya pemerintah Kota Bengkulu juga pernah melakukan program serupa dengan capaian sekitar 9.000 duafa. Diharapkan dengan meningkatnya target di ramadhan 2014, dapat meningkatkan keimanan masyarakat dan mensukseskan program Bengkuluku Religius.

“Persiapan ini sudah cukup matang, hanya saja masih perlu difikirkan pendistribusiannya apakah berdasarkan wilayah kecamatan atau seperti apa nantinya. Yang jelas jumlahnya 20.000 duafa,” demikian Salahuddin.(val)

Rekomendasi