Senin, Mei 16, 2022

Sudahkah Merek Dagang Anda Dipatenkan?

Baca selanjutnya

Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu di Hotel Ekstra, Rabu (07/05/2014). (Foto : Yetti Ramadani)
Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu di Hotel Ekstra, Rabu (07/05/2014). (Foto : Yetti Ramadani)

kupasbengkulu.com – Untuk memberikan pemahaman pentingnya pendaftaran hak cipta dan hak kekayaan industri, yang mencakup paten, desain, dan merek. Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Disperindag dan UKM) Provinsi Bengkulu, Rabu (07/05/2014) menggelar sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dikatakan Kepala Disperindag dan UKM Provinsi Bengkulu, Rudi Perdana, SE, melalui Sekretaris, Drs Januar Jumalinsyah, ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam melakukan bimbingan dan pembinaan terhadap usaha perdagangan dan konsumen dalam sosialisasi HKI.

HKI, jelas Januar, merupakan hak kekayaan intelektual yang timbul dari hasil olah pikir, dan menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia.

“Kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini, para pedagang di Bengkulu bisa mendaftarkan merek, hak cipta dan hak patennya,” kata Januar, di ruang sosialiasi Hotel Ekstra Bengkulu.

Lanjut dia, ini juga dalam rangka memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada kedua belah pihak, antara pemberi perlindungan dan kepastian hukum, kepada pengusaha yang berhak dari tindakan pihak lain yang memalsukan merek usahanya.

Dan pihak kedua yang memberikan perlindungan hukum pada konsumen dari pihak yang mempunyai itikad tidak baik yang dapat merugikan konsumen.

Sementara ini, langkah yang telah dilakukan Disperindag masih dalam tahap sosialisasi, dan mengingatkan para pengusaha dan pengrajin untuk selalu berperan aktif, memajukan dan bekerjasama memberikan perlindungan hukum yang jelas terhadap usaha yang dibangun.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini, tidak akan ada lagi pembajakan hasil karya asli daerah Bengkulu di daerah lain,” ujar Januar.(yee)

Masuk Masjid Bayar Rp5 Ribu, Mantan Bupati Pessel: Ini Memalukan

Kupas News, Pesisir Selatan - Memalukan. Itulah kata menohok yang keluar dari bibir mantan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, setelah menanggapi unggahan video salah satu...

Wanita Penyuka Sesama Jenis Cabuli Temannya Sendiri

Kupas News, Bengkulu Utara - Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara mengamankan 1 orang warga Bengkulu Utara terduga pelaku tindak pidana pencabulan terhadap...

Tahun Depan RSUD M. Yunus Sediakan Program Kesehatan Jantung

Kupas News, Bengkulu - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui RSUD M Yunus Bengkulu berkomitmen, di tahun 2024 siap melayani pasien penyakit jantung (kardiovaskular) secara...

Pembangunan Gedung Utama Polda Bengkulu Dilanjutkan

Kupas News, Bengkulu - Polda Bengkulu menggelar tasyakuran doa bersama pengembangan gedung utama Mapolda Bengkulu, Jumat (13/05). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen...

Mulai Besok Sistem akan Potong Gaji ASN yang Bercerai

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Ketua Pengadilan Agama Bengkulu dan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Pertukaran data...

Terbaru