Minggu, November 27, 2022

Sudahkah Merek Dagang Anda Dipatenkan?

Baca selanjutnya

Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu di Hotel Ekstra, Rabu (07/05/2014). (Foto : Yetti Ramadani)
Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu di Hotel Ekstra, Rabu (07/05/2014). (Foto : Yetti Ramadani)

kupasbengkulu.com – Untuk memberikan pemahaman pentingnya pendaftaran hak cipta dan hak kekayaan industri, yang mencakup paten, desain, dan merek. Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Disperindag dan UKM) Provinsi Bengkulu, Rabu (07/05/2014) menggelar sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dikatakan Kepala Disperindag dan UKM Provinsi Bengkulu, Rudi Perdana, SE, melalui Sekretaris, Drs Januar Jumalinsyah, ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam melakukan bimbingan dan pembinaan terhadap usaha perdagangan dan konsumen dalam sosialisasi HKI.

HKI, jelas Januar, merupakan hak kekayaan intelektual yang timbul dari hasil olah pikir, dan menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia.

“Kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini, para pedagang di Bengkulu bisa mendaftarkan merek, hak cipta dan hak patennya,” kata Januar, di ruang sosialiasi Hotel Ekstra Bengkulu.

Lanjut dia, ini juga dalam rangka memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada kedua belah pihak, antara pemberi perlindungan dan kepastian hukum, kepada pengusaha yang berhak dari tindakan pihak lain yang memalsukan merek usahanya.

Dan pihak kedua yang memberikan perlindungan hukum pada konsumen dari pihak yang mempunyai itikad tidak baik yang dapat merugikan konsumen.

Sementara ini, langkah yang telah dilakukan Disperindag masih dalam tahap sosialisasi, dan mengingatkan para pengusaha dan pengrajin untuk selalu berperan aktif, memajukan dan bekerjasama memberikan perlindungan hukum yang jelas terhadap usaha yang dibangun.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini, tidak akan ada lagi pembajakan hasil karya asli daerah Bengkulu di daerah lain,” ujar Januar.(yee)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru