Senin, Februari 26, 2024

Survei Roy Morgan: Elektabilitas Ganjar 38 Persen, Unggul dari Prabowo dan Anies

Survei Roy Morgan: Elektabilitas Ganjar 38 Persen, Unggul dari Prabowo dan Anies

Sat, 12/16/2023 – 14:28

Calon Presiden RI Pemilu 2024, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, Foto:Dok

Kupasbengkulu.com – Lembaga Survei asal Australia Roy Morgan merilis hasil survey terbaru mereka dengan menempatkan Ganjar Pranowo dengan elektablitas tertinggi. Ganjar unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Kandidat yang diusung PDIP, PPP, dan Perindo itu memperoleh elektabilitas hingga 38% disusul Prabowo Subianto 30% dan Anies Basweda 25% sedangkan sisanya 7% belum menentukan pilihan.

CEO Roy Morgan, Michele Levine, mengatakan, survei dilakukan pada Juli-September 2023 dengan sampel sebanyak 2.630 pemilih berusia di atas 17 tahun.

“Jajak pendapat Roy Morgan hari ini mengenai niat memilih masyarakat Indonesia pada pemilihan Presiden dan legislatif mendatang menunjukkan mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar, dengan dukungan 38%, masih berada di posisi prima untuk menggantikan Presiden Jokowi saat ini” kata Michele Levine, Jumat, (15/12/2023)

Ganjar menurut Survei Roy Morgan memiliki elektablitas tertinggi di Pulau Jawa. Angka elektablitas Ganjar bahkan mencapai 41%, unggul dibanding Prabowo (29%) dan Anies (25%).

Sementara pada tingkat pemilih di Pulau Sumatra Ganjar sama kuat dengan Prabowo dengan perolehan masing-masing 33 % mengalahkan Anies yang hanya memperoleh 28 persen.

Sebaliknya Prabowo unggul di Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Di Sulawesi elektablitas Prabowo mencapai (42%) mengalahkan Ganjar (33%) dan Anies (22%) dan Prabowo (30%) juga unggul tipis atas Ganjar (25%) dan Anies (25%) di Pulau Kalimantan.

Roy Morgan juga memprediksi pemiliha presiden di Indonesia akan berlangsung 2 putaran karena jarak elektablitas masing-masing kandidat tidak terlalu signifikan. 

“Tidak satupun dari ketiga kandidat tersebut berada dalam jarak yang sangat dekat untuk mendapatkan dukungan mayoritas. Ini berarti pemilu putaran kedua mungkin akan diadakan empat bulan kemudian pada pertengahan Juni” kata Michele Levine.

Hasil survei Roy Morgan ini berbeda dengan hasil lembaga survei di Indonesia. Arus Survei Indonesia (ASI) misalnya menyebutkan, pasangan Prabowo-Gibran lebih unggul dari pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Demikian pula dengan hasil Survei Poltracking Indonesia yang melaporkan elektablitas Prabowo-Gibran lebih tinggi dari Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Reporter: Iman SP Noya

Politik

trending

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...