oleh

Tips Sahur Sehat

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

kupasbengkulu.com- Ketika berpuasa tubuh kita tidak menerima asupan selama hampir dua belas jam, sehingga tidak jarang tubuh menjadi lemas. Anda perlu memperhatikan menu sahur anda, sebab apa yang anda konsumsi ketika sahur sangat mempengaruhi stamina ketika berpuasa.

1. Pilih makanan segar : Makanan segar yang dimasak sesaat sebelum sahur akan lebih baik untuk anda dan keluarga, terlebih untuk anak usia pertumbuhan. selain itu kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya sangat baik.

2. Hindari makanan cepat saji: hindari sahur dengan menu cepat saji seperti nugget dan mie, karena makanan jenis ini akan membuat usus bekerja keras dalam proses metabolisme sehingga memicu lelah. kandungan bahan pengawet yang terkandung didalam makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti maag.

3.Perbanyak makanan berserat: pilihlah untuk sahur dengan sayur dan konsumsilah buah sebagai makanan penutup

4. Hindari menggoreng dan santan: sup dan direbus akan membuat anda lebih nyaman menjalani puasa, karena selain sering membuat ‘eneg” digoreng akan membuat kandungan gizi makanan berkurang, sedangkan santan mempunyai kandungan lemak jenuh yang kurang baik untuk tubuh.

5. Perhatikan asupan protein: seperti kita ketahui protein merupakan sumber energi bagi tubuh. cobalah untuk mengkonsumsi telur, tahu, tempe atau toge.

6. Perbanyak minum air putih: minumlah air putih yang cukup, tidak hanya saat sahur tapi juga setelah berbuka dan sebelum tidur.

7. Jangan rakus saat sahur: terlalu banyak makan saat sahur tidak baik karena akan membuat lambung kaget dan memicu reaksi peregangan pada lambung, salah salah anda justru bisa muntah. lagipula dalam Islam dianjurkan untuk makan secukupnya.

Setelah mencoba beberapa tips di atas, terakhir anda sebaiknya menggosok gigi setelah sahur agar mulut menjadi lebih segar. semoga bermanfaat.(cr10)

Rekomendasi