TPA Air Sebakul Mampu Hasilkan Listrik 30 Ribu Watt

Baca selanjutnya

Lokasi TPA Air Sebakul yang bisa menghasilkan listrik berkekuatan 30 ribu watt berdasarkan hasil penelitian LIPI.
Lokasi TPA Air Sebakul yang bisa menghasilkan listrik berkekuatan 30 ribu watt berdasarkan hasil penelitian LIPI.

kupasbengkulu.com- Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO, mengungkapkan tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul dapat menghasilkan tenaga listrik berkekuatan 30 ribu watt selama 30 tahun.

Dijelaskannya, ini berdasarkan kajian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang melakukan riset pada 2013 di TPA itu, dengan mengukur tutupan sampah dan tingginya kandungan gas metan sebagai pengganti bahan bakar di daerah itu.

“Terhadap hasil temuan tersebut, gubernur telah berkirim surat ke Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, agar potensi itu segera digarap sebagai pendapatan daerah,” kata Iskandar ZO, Selasa (4/2/2014).

Gas metan pengganti bahan bakar yang dapat menghasilkan listrik itu, kata dia, didapat dari sampah, selain mengurangi pemanasan global tehnologi tersebut juga dapat menambah daya listrik di Bengkulu.

“Pemkot Bengkulu harus garap ini, investasinya menurut LIPI berkisar Rp 1,6 miliar, lalu listriknya bisa dijual ke Perusahaan Listrik Negara,” tambahnya.

Tingginya kandungan gas metan sebagai energi alternatif listrik dan bahan bakar juga terdapat di beberapa TPA di Provinsi Bengkulu seperti Kabupaten Rejang Lebong, Kota Arga Makmur dan Kabupaten Kepahiang.

Selain mengembangkan pemanfaatan gas metan sampah, pihaknya juga mendorong pemanfaatan kotoran sapi dan manusia sebagai sarana pengganti gas kebutuhan rumah tangga.

“Proyek percontohan dan uji coba akan dilakukan pada beberapa pesantren dananya telah disediakan oleh pemerintah dalam hal ini gubernur dan DPRD di APBD 2014,” tutup Iskandar.(kps)

- Advertisement -

Pemprov Bengkulu Dorong Penerapan Teknologi Digital Hasil Perkebunan

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus berupaya menekan laju inflasi terkhusus pada masa Pandemi COVID-19. Di antaranya melalui penggunaan teknologi digital baik...

Ini 8 Tips Berhubungan Seksual Saat Anak Sedang Tertidur

Kupas News – Ada beberapa orangtua yang beruntung anaknya sudah bisa tidur sendiri dikamarnya. Tapi ada juga beberapa yang lainnya terpaksa masih harus tidur...

Pekerja Bongkar Tenda Tewas Usai Tersengat Listrik

Kupas News – Utamakan keselamatan dalam bekerja bukan hanya slogan semata. Hal ini sangat penting guna mengantisipasi dan meminimalisir bahaya dari tingkat resiko yang...

BEI Lakukan Pemutakhiran Mekanisme Dagang dengan 4 Fitur

Kupas News – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku penyelenggara perdagangan saham di pasar modal Indonesia selalu mengedepankan perdagangan Efek yang teratur, wajar dan...

Pemprov Bengkulu Gelar Job Fair Career Expo 2021 di Bencoolen Mall

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama beberapa perusahaan gelar Job Fair Career Expo 2021 di...

Terbaru