Selasa, Mei 21, 2024

Tugu Thomas Parr, Monumen Rakyat Bengkulu Menolak Ditindas

Tugu Thomas Parr
Tugu Thomas Parr

kupasbengkulu.com – Jika anda berlibur ke kota Bengkulu, banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat anda kunjungi, salah satunya adalah Tugu Thomas Parr, sebuah monumen bersejarah yang menjadi saksi bisu kadigdayaan masyarakat Bengkulu. Monumen tugu Thomas Parr ini berhubungan langsung dengan situs-situs bersejarah lain, yaitu Fort Marlborough, Fort York, dan Mount Felix. (baca: Pesona Keindahan Danau Mas Harun Bestari)

Menurut Dedi, pemandu wisata Fort Marlborough, Tugu Thomas Parr ini dibangun oleh pemerintah Inggris pada tahun 1808. Tugu ini dibangun oleh Inggris untuk mengenang salah seorang Residen mereka yang tewas terbunuh oleh masyarakat Bengkulu.

“Thomas Parr adalah penguasa Inggris di Bengkulu yang berkuasa pada tahun 1805-1807. Penguasa yang satu ini terkenal bengis dan kejam. Ia memberlakukan tanam paksa untuk membuka perkebunan kopi. Banyak sekali rakyat menderita dan kehilangan nyawa karena praktek tanam paksa ini,”terangnya.

Masyarakat Bengkulu yang ditindas haknya akhirnya memberontak. Pada suatu malam di tahun 1808, rakyat Bengkulu menyerbu rumah peristirahatan Thomas Parr (Mount Felix). Thomas Parr tewas terbunuh dengan kondisi leher yang putus terpenggal. Sekretarisnya bernama Charles Murray yang saat itu bersamanya pun ikut tewas terbunuh. (simak: Fort Marlborough, Saksi Bisu kedigdayaan Masyarakat Bengkulu)

Perisiwa itu membuat pemerintah Inggris sangat terpukul. Akhirnya mereka melancarkan pembalasan habis-habisan terhadap penduduk Bengkulu. Pemukiman penduduk dihancurkan. Semua penduduk yang ditemui dihabisi nyawanya. Bahkan hewan-hewan ternah pun tak lupa dihabisinya.

Pada tahun 1808, pemerintah Inggris membangun sebuah monumen untuk mengenang Residennya yang bernama Thomas Parr itu. Karena bagaimana pun juga bagi mereka Thomas Parr adalah seorang pahlawan karena jasa dan pengabdiannya.

Letak monumen Tugu Thomas Parr ini tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Jika anda ke Bengkulu dengan pesawat, saat tiba di bandara Fatmawati anda bisa menggunakan taksi untuk berkunjung ke tempat bersejarah ini. Jika anda menggunakan bis, anda bisa mencari angkutan kota (angkot) jurusan kampung China dan minta diturunkan di depan Tugu Thomas Parr. (cr2)

Related

Desa Belitar Seberang Urutan Ketiga Vote ADWI 2022, “Mela Kito Dukung”

Kupas News, Bengkulu – Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)...

Air Terjun Sengkuang Rekomendasi Tempat Piknik Hingga Swafoto

Kupas News – Air Terjun Sengkuang merupakan tempat wisata...

Pesona Alam Kota Baru Santan Ikon Pariwisata Baru di Provinsi Bengkulu

Kupas Traveling – Banyak tempat-tempat wisata di Bengkulu yang...

Pulau Enggano Surga Dunia Wisata yang Tersembunyi

Enggano merupakan sebuah pulau terluar di Indonesia yang terletak...

Tiga Dosen Muda Latih Perangkat Desa Rindu Hati Dukung Wisata Unggulan

Kupas News - Dalam rangka mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan...