Jumat, Mei 24, 2024

Usai Pinang Banyak Partai, RM Datangi PDIP

tim Pemenangan Ridwan Mukti menyerahkan dokumen pada kader PDIP
tim Pemenangan Ridwan Mukti menyerahkan dokumen pada kader PDIP

Bengkulu, kupasbengkulu.com – Tim Relawan Ridwan Mukti (RM) mempersunting Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mendukungnya dalam pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu tahun 2015 mendatang.

Sebelumnya Tim Relawan RM telah mengajukan dokumen permohonan kepada beberapa partai lain, seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrat.

Disebutkan Sekretaris Tim Pemenangan RM, Miftahul Jazim, PDIP merupakan partai ke tujuh yang diserahi dokumen oleh Relawan RM, dan pihaknya berharap PDIP berkenan menjadi partai pengusung RM.

“Ini partai ke tujuh, alhamdulillah diterima dengan sangat baik. Sebenarnya sudah sangat lama kami ingin mendaftar ke PDIP. Tapi karena dalam mekanisme internal mereka belum membuka pendaftaran, maka saat itu belum bisa. Sekarang PDIP sudah membuka pendaftaran secara resmi dan kami mengharapkan PDIP berkenan menjadi pengusung RM di Pilgub 2015 mendatang,” jelas Miftahul, Jumat (19/12/2014).

Disebutkan Miftahul, ada beberapa alasan kenapa pihaknya menginginkan PDIP menjadi partai pengusung RM. Tidak bisa dipungkiri PDIP memiliki perolehan kursi terbanyak di Provinsi Bengkulu, artinya dukungan suara memang sangat signifikan. Selain itu menurut tim keluarga RM, antara RM dan PDIP ada semacam sejarah, di mana RM dulu pertama kali menjadi Bupati Musi Rawas melalui dukungan PDIP, dan ini dapat mempererat kembali hubungan tersebut.

Dalam kunjungannya ke beberapa partai, mayoritas partai menginginkan untuk menempatkan kader partai masing-masing menjadi pendamping RM apabila nanti maju dan memenangkan Pilgub 2015. Berdasarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu), Wakil Gubernur baru bisa ditetapkan setelah adanya gubernur terpilih, sehingga ini akan menjadi perundingan yang matang bagi tim RM.

“Kita ikuti mekanisme, karena berdasarkan Perppu, Wakil Gubernur dipilih setelah ada Gubernur terpilih. Bukan hanya PDIP, partai-partai lain juga menawarkan diri menjadi pendamping RM. Tapi nanti akan ada seleksi, melalui musyawarah mufakat dan pertimbangan-pertimbangan matang, siapa yang menjadi Wakil Gubernur mendampingi RM akan ditetapkan,” lanjutnya.

Meskipun dianggap sebagai salah satu calon kandidat kuat dalam Pilgub 2015, Tim Relawan RM mengatakan semua calon kandidat yang akan maju merupakan calon yang kuat dengan karakteristik masing-masing. Dalam waktu dekat pihaknya akan kembali mempersunting partai lainnya untuk menjadi pengusung RM.

“Kami intinya mengharapkan dukungan dari semua pihak, segenap partai politik dan elemen masyarakat. Kami tidak membedakan partai dari koalisi, baik Koalisi Indonesia Hebat (KIH) atau Koalisi Merah Putih (KMP). Kami hanya melihat partai mana yang benar-benar serius mendukung RM dalam Pilgub 2015,” kata Miftahul.

“Semua lawan kami anggap berat karena masing-masing punya karakteristik dan lumbung suara masing-masing. Jadi tidak ada lawan yang dipandang rendah, dan kami hanya bertekad memenangkan pertarungan. Setiap partai punya visi yang sama baiknya, soal strategi saja yang berbeda,” pungkasnya. (val)

Related

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...

Terindikasi Ajang Kampanye, Program Sapa Warga Bupati Erwin Disorot Bawaslu

Terindikasi Ajang Kampanye, Program Sapa Warga Bupati Erwin Disorot...

Mahfud Semprot Gibran: Pertanyaan Receh, Ngarang dan Ngawur

Mahfud Semprot Gibran: Pertanyaan Receh, Ngarang dan Ngawur ...

Hadir di Bengkulu, Raffi Ahmad Disambut Histris Pendukung Prabowo

Hadir di Bengkulu, Raffi Ahmad Disambut Histris Pendukung Prabowo ...