Kamis, Juni 13, 2024

Wagub ‘Poles’ Produk Pariwisata Bengkulu

Sultan Bachtiar Nadjamudin
Sultan Bachtiar Nadjamudin

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan Bachtiar Najamudin, mengatakan, pariwisata merupakan salah satu trademark (simbol) suatu daerah, sehingga di tahun 2015 mendatang dengan anggaran yang ada harus mampu berimprovisasi untuk mengembangkan pariwisata.

“Pariwisata ini sebenarnya yang bisa ‘menjual’ Bengkulu kepada dunia luar, makanya dengan keterbatasan dana saya akan coba berimprovisasi paling tidak Pantai Panjang kita dan beberapa produk pariwisata kita ‘poles’,” kata Sultan, Selasa (23/12/2014).

Disebutkannya, pembenahan ini memang tidak bisa dilakukan sekaligus. Dirinya menyayangkan ada beberapa usulan untuk program pariwisata yang ditiadakan karena ini tentunya akan memperlambat pengembangan pariwisata di Provinsi Bengkulu.

“Sangat disayangkan kalau beberapa usulan untuk program pariwisata ini ditiadakan apalagi dianggap belum penting. Padahal, bagi saya sangat penting karena pariwisata pintu gerbang kita. Cukuplah kita buat tata kota dan pantai menjadi bagus, tertata rapi, punya magnet, ada pintu gerbang dan pencahayaan yang bagus, serta memiliki nilai estetika sehingga pengunjung akan betah nantinya,” kata Sultan.

Tidak hanya itu, Sultan mengatakan harus ada titik temu antara Pemerintah Kota dan Provinsi dalam pengelolaan pariwisata. Sepanjang tidak ada titik temu antara keduanya, termasuk soal pendanaannya, maka pengelolaan pariwisata juga tidak akan maksimal.

“Kalau sekarang kan belum betul-betul satu pandangan terhadap isu-isu kepariwisataan, semuanya mulai jalan masing-masing. Sinkronisasi program antara kota dan provinsi dalam hal pariwisata itu kuncinya. Sepanjang tidak ada konsorsium besar yang tidak ikut bergabung, alokasi anggaran kita yang kecil belum memungkinkan untuk semua fokus ke sana. Sekarang yang bisa kita lakukan, kelola secara perlahan tapi pasti,” demikian Sultan. (val)

Related

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah Bisa Dilalui Mobil

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah...

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM ...

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah Anda

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah...

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan ...

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan Kritis

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan...