Senin, Februari 26, 2024

Waka I DPRD Lebong Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

Waka I DPRD Lebong Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

Fri, 01/05/2024 – 11:25

Dedy Hariyanto, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lebong, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Kendati beberapa wilayah di Kabupaten Lebong mengalami hujan deras disertai angin kencang, Wakil Ketua l DPRD Kabupaten Lebong, Dedy Hariyanto mengimbau warga Lebong waspadai cuaca ekstrim yang terjadi sepekan belakangan.

“Hampir setiap hari Kabupaten Lebong hujan deras dan angin kencang, maka itu saya meminta masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim tersebut,” ujar Dedy, Kamis (04/01/24).

Ia menjelaskan kabupaten Lebong saat ini mengalami cuaca hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun demikian, cuaca ekstrim yang tidak menentu ini, menurut Dedy, bisa berdampak kepada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

“Saya juga menghimbau seluruh masyarakat Lebong terkhusus para orang tua untuk menjaga kesehatan anak anak, baik itu dari makanan minuman dan tempat bermainnya, jangan terlalu sering diluar rumah dengan kondisi seperti ini,” kata dia.

Politisi dari Partai Nasdem ini juga mengingatkan dampak lain dari cuaca extrem tersebut. Ia mengungkapkan dampak tersebut dapat berpotensi pada banjir di sejumlah ruas dan disertai bencana longsor.

“Seperti yang terjadi di awal tahun kemarin, ada bencana longsor di Desa Tik Kuto Kecamatan Rimbo Pengadang. Kondisi ini tentu memberikan warning bagi para pengemudi yang kerap melintas di titik-titik longsor,” ujarnya.

Di sisi lain, dampak lain juga bisa mengancam hasil pertanian, yakni gagal panen. Kapasitas air di area persawahan bisa menjadi penyebab gagal panen. Untuk itu dirinya mengimbau seluruh petani untuk tidak lupa mengecek pintu air yang ada di persawahan.

“Harus berhati-hati dan waspada, jangan lupa juga mengecek pintu air yang ada di area persawahan untuk para petani, mengingat sekarang sudah musim tanam, hal yang di khawatir kan takut terjadi banjir dan berdampak gagal panen,” ungkapnya.

Reporter: Maya Fitria

Daerah 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...