Sabtu, Juni 25, 2022

Dorong Ekonomi Digital, Bupati Gusnan Datangi Kemenko Perekonomian

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu Selatan – Dorong ekonomi digital masyarakat, Pemkab Bengkulu Selatan rintis program digitalisasi melalui program Kios Sekundang untuk warung-warung masyarakat di Bengkulu Selatan.

Kios Sekundang merupakan program yang diinisiasi oleh Bupati Gusnan Mulyadi dan telah dilaunching pada tahun ini. Program ekonomi kerakyatan ini sedang berjalan pengaplikasianya di beberapa warung milik masyarakat di Bengkulu Selatan.

Program ini masih terkendala dengan permasalahan yang berkaitan dengan rantai distribusi (supply Chain). Rantai distribusi terhadap pasokan barang di Kios Sekudang, Pemkab Bengkulu Selatan menggandeng mitra bacoel.com sebagai mitra distributor Kios Sekudang.

Sebagai upaya mencari solusi terkait penyelesaian permasalahan tersebut , maka Bupati Gusnan Mulyadi bersama OPD teknis terkait melaksanakan audiensi bersama Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (31/5).

Disampaikan Bupati Gusnan bahwa warung warung kecil masyarakat sekarang sudah banyak kalah bersaing dengan retail raksasa dengan sistem digital dan modern, namun menjamurnya retail modern ini tidak serta merta mendukung ekonomi kerakyatan.

Oleh karenanya, demi menumbuhkan kembali geliat ekonomi perdagangan pada tingkatan masyarakat menengah ke bawah,  maka memodernkan warung masyarakat dengan konsep digital menjadi salah satu solusi agar warung warung dalam program kios Sekundang ini mampu bersaing dengan retail raksasa.

Kendala yang dihadapi pada program Kios Sekudang adalah panjangnya rantai distribusi (supply chain) sehingga menyebabkan tingginya harga pokok penjualan dan ini berakibat pada ketidakmampuan para pedagang warung untuk bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh gerai raksasa.

Kendati demikian, Bupati bersama dengan tim melaksanakan audiensi bersama dengan pihak Kementerian untuk meminta saran dan dukungan upaya penyederhanaan rantai distribusi bagi program Kios Sekundang.

Editor: Benny Benardie

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Polemik PT. Pamor Ganda Kian Panas, DPW LIRA dan Perwakilan Masyarakat Temui GTRA Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Konflik warga Ketahuan vs PT Pamor Ganda belum tuntas, Gubernur Rohidin meminta para pihak terkait melakukan validasi data penerima kebun...

Terbaru