Senin, Oktober 3, 2022

Dorong Ekonomi Digital, Bupati Gusnan Datangi Kemenko Perekonomian

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu Selatan – Dorong ekonomi digital masyarakat, Pemkab Bengkulu Selatan rintis program digitalisasi melalui program Kios Sekundang untuk warung-warung masyarakat di Bengkulu Selatan.

Kios Sekundang merupakan program yang diinisiasi oleh Bupati Gusnan Mulyadi dan telah dilaunching pada tahun ini. Program ekonomi kerakyatan ini sedang berjalan pengaplikasianya di beberapa warung milik masyarakat di Bengkulu Selatan.

Program ini masih terkendala dengan permasalahan yang berkaitan dengan rantai distribusi (supply Chain). Rantai distribusi terhadap pasokan barang di Kios Sekudang, Pemkab Bengkulu Selatan menggandeng mitra bacoel.com sebagai mitra distributor Kios Sekudang.

Sebagai upaya mencari solusi terkait penyelesaian permasalahan tersebut , maka Bupati Gusnan Mulyadi bersama OPD teknis terkait melaksanakan audiensi bersama Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (31/5).

Disampaikan Bupati Gusnan bahwa warung warung kecil masyarakat sekarang sudah banyak kalah bersaing dengan retail raksasa dengan sistem digital dan modern, namun menjamurnya retail modern ini tidak serta merta mendukung ekonomi kerakyatan.

Oleh karenanya, demi menumbuhkan kembali geliat ekonomi perdagangan pada tingkatan masyarakat menengah ke bawah,  maka memodernkan warung masyarakat dengan konsep digital menjadi salah satu solusi agar warung warung dalam program kios Sekundang ini mampu bersaing dengan retail raksasa.

Kendala yang dihadapi pada program Kios Sekudang adalah panjangnya rantai distribusi (supply chain) sehingga menyebabkan tingginya harga pokok penjualan dan ini berakibat pada ketidakmampuan para pedagang warung untuk bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh gerai raksasa.

Kendati demikian, Bupati bersama dengan tim melaksanakan audiensi bersama dengan pihak Kementerian untuk meminta saran dan dukungan upaya penyederhanaan rantai distribusi bagi program Kios Sekundang.(ADV)

Editor: Benny Benardie

Polisi Tangkap 3 Orang Resepsionis Kafe yang Terlibat Perdagangan Anak

Kupas News, Kota Bengkulu - 3 orang pelaku dugaan perdagangan orang atau eksploitasi seksual anak dibawah umur ditangkap Satreskrim Polres Bengkulu, Minggu (2/10) dinihari. Dari...

Presiden dan MK Harus Menolak Intervensi Penggantian Hakim Aswanto

Kupas Bengkulu - Peristiwa pemberhentian Hakim Konstitusi Aswanto yang kemudian memunculkan nama Guntur Hamzah selaku penggantinya oleh Komisi III DPR RI tidak melalui mekanisme...

Rizky Billar Akan Diperiksa Polisi Pekan Depan Kasus Dugaan KDRT

Kupas News, Jakarta – Merebak kabar tak sedap ditengah masyarakat khususnya pecinta musik dangdut Indonesia, dimana telah terjadi insiden kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)...

Longsor Hantam Rumah Warga di Seluma Akibat Curah Hujan Tinggi

Kupas News, Seluma - Akibat curah hujan tinggi sejak siang hingga malam yang mengguyur wilayah Kabupaten Seluma menyebabkan beberapa rumah mengalami longsor dan terendam...

Solusi Digital untuk Merchant di Indonesia Hasil Kolaborasi BRI dan Majoo

Kupas News, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi dengan PT Majoo Teknologi Indonesia (Majoo) untuk memudahkan transaksi non tunai...

Terbaru