Kamis, Juni 13, 2024

Kasus Pencoblos Ganda Diteruskan ke Penyidik

Ketua Panwaslu Bengkulu Tengah, Meji Casssanova.
Ketua Panwaslu Bengkulu Tengah, Meji Casssanova.

kupasbengkulu.com – Kejadian pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh SM (40) di TPS 7 Pondok Kelapa dan TPS 3 Pasar Pedati akhirnya dilimpahkan ke penyidik. Pengakuan saksi, bukti dan hal-hal lain yang diperlukan sudah disiapkan oleh pihak Panwaslu Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bila benar terbukti melakukan hal tersebut, SM dijerat oleh Undang-undang (UU) nomor 8 Tentang Pemilu, pasal 310 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 1 tahun 6 bulan serta denda maksimal Rp 18 juta.

Ketua Panwaslu Bengkulu Tengah, Meji Cassanova SE, kepada wartawan mengungkapkan perkembangan dan kelanjutan kasus pelanggaran Pemilu tersebut. Kasus ini memang sudah diserahkan pada penyidik dalam sentra Gakkumdu. Status SM naik, bila sebelumnya adalah terlapor, sekarang sudah menjadi tersangka.

“Terduga juga dikenai hukuman pidana, serta ancaman denda dan penjara, ini benar-benar shok terapi untuk yang lain agar tidak mencoba melakukan hal serupa, pemilu mendatang,” tegas Meji.

Meji menambahkan, si pelaku sudah mengakui perbuatannya. Dari pengakuan pelaku, diketahui bahwa tidak ada intervensi dari pihak manapun kepadanya untuk melakukan pencoblosan dua kali. Hanya saja, yang memberatkan adalah, ia tercatat masih memiliki hubungan keluarga dengan salah satu calon anggota legislatif.

“Memang, pengakuan pelaku tidak ada intervensi dalam kegiatannya tersebut, tetapi ia tercatat sebagai kerabat atau keluarga dari salh satu caleg, sehingga pihak penyidik harus meneliti kembali kasus ini,” pungkasnya.(vai)

Related

Komisi IV DPR RI Dukung Pemprov Bengkulu Usulkan Pengelolaan Hutan

Kupas News, Bengkulu - Komisi IV DPR RI yang...

Anggota Polsek Talang Empat Bantu Padamkan Api yang Menimpa Rumah Warga

Anggota polsek Talang Empat saat memasang pembatas TKP kebakaran...

Polisi Temukan Satu Paket Sabu di Kediaman Pemuda 24 Tahun

FA terduga penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis sabu saat...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving...

Gubernur Rohidin Bagikan Tabung Gas Gratis untuk Warga Bengkulu Tengah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membagikan tabung gas 3...