Selasa, April 30, 2024

Hasil Pleno, Gerindra, Golkar, dan PDIP, Berbagi Sama 4 Kursi

Suasana rapat pleno penetapan anggota DPRD Rejang Lebong, Senin (12/05/2014) oleh KPU Rejang Lebong.
Suasana rapat pleno penetapan anggota DPRD Rejang Lebong, Senin (12/05/2014) oleh KPU Rejang Lebong.

kupasbengkulu.com – KPU Rejang Lebong, Senin (12/05/2014) melalui Rapat Pleno Terbuka menetapkan perolehan suara sah partai politik, perolehan kursi partai politik, dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong hasil pemilihan legislatif 2014.

Rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Rejang Lebong, M. Sholeh bersama seluruh anggotanya, juga dihadiri oleh Panwaslu Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong dan Kejari Curup serta perwakilan Parpol, PPK serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Rejang Lebong, M. Sholeh, menjelaskan, penetapan kursi DPRD Kabupaten dihitung dari perolehan suara sah pada sebuah Dapil dibagi alokasi kursi yang di sediakan. Partai yang memperoleh suara sama atau lebih dari bilangan pembagi pemilih (BPP) otomatis mendapatkan kursi.

“Apabila penetapan tahap pertama kursi belum habis terbagi, maka ditetapkan pada tahap kedua. Hasilnya diberikan pada Parpol peserta pemilu yang memiliki sisa suara terbanyak, “ jelasnya

Adapun hasil pleno terbuka KPU Rejang Lebong telah ditetapkan 30 orang Caleg yang akan menduduki kursi DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Gerindra, Golkar dan PDIP memperoleh kursi terbanyak masing-masing mendapatkan 4 kursi yang tersebar rata di 4 Dapil, menyusul Partai Nasdem, PPP, Demokrat, Hanura dan PAN mendapatkan 3 kursi, PKS mendapatkan 2 kursi, selanjutnya PKB hanya mendapatkan 1 kursi sedangkan PBB dan PKPI tidak memperoleh kursi.

Berdasarkan urutannya, untuk empat daerah pemilihan di Kabupaten Rejang Lebong, Gerindra meraih suara terbanyak yang berjumlah 18.388 suara, disusul Golkar dengan 18.295 suara, PDIP di posisi ketiga dengan suara sebesar 18.294. suara. Di posisi ke empat Partai Nasdem dengan 18.102 suara, Partai Demokrat memperoleh 12.664 suara berada di peringkat kelima, peringkat keenam PPP dengan 12.633, Hanura memperoleh 11.204 berada di posisi ketujuh, PAN di posisi delapan dengan 11.157 suara, PKB memperoleh 10.541, PKS 9.017 suara. Sedangkan PBB hanya memperoleh 1.687 suara, terakhir PKPI 1.257 suara.

Pantauan kupasbengkulu.com pada rapat pleno tersebut, tampak berjalan lancar dan tertib, namun puluhan anggota Polres Rejang Lebong tampak berjaga-jaga mengantisipasi bila ada pihak-pihak yang akan mengacaukan jalannya pleno.(dsr)

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...