Kamis, Februari 29, 2024

Aplikasi QRIS Bawa Rupiah Ke Mancanegara

Kupas News – Warga negara Indonesia yang hendak bepergian ke luar negeri kini tidak perlu direpotkan lagi harus menukar uang rupiahnya dengan mata uang negara yang akan dituju. Sebab aplikasi Quick Respon Code Indonesian Standar (QRIS) akan bisa digunakan di luar wilayah Indonesia.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, mengatakan QRIS akan diperluas. Dalam waktu dekat, bank sentral akan melakukan uji coba di Thailand.

“Kita 17 Agustus melakukan uji coba cross border QRIS dengan Thailand,” jelas Perry, Opening Ceremony Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021, Kamis (11/11).

Perluasan akses QRIS ini merupakan salah satu dari capaian digitalisasi pembayaran yang telah dilakukan.

Perry menjelaskan sejauh ini sudah ada 12 juta pedagang tanah air yang menggunakan QRIS. Sebagian besar dari jumlah itu adalah UMKM yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Selain Thailand, BI juga berencana melakukan penjajakan dengan bank sentral Arab Saudi dan India. Namun belum disebutkan kapan penjajakan akan dilakukan

Sebelumnya, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta menjelaskan piloting di Thailand melibatkan 11 Penyedia Jasa Pembayaran yakni Link Aja, Shopeepay, Dana, Bank Mega, dan Bank Mandiri.

Sementara di Thailand, akan bekerja sama dengan Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

Filianingsih menjelaskan pengembangan QRIS dilakukan dalam tiga tahapan. Pertama dari domestik, cross border ASEAN dan keluar wilayah Asia Tenggara.

Setelah melakukan uji coba Thailand, Malaysia jadi negara berikutnya yang bisa memindai QRIS. Untuk luar wilayah ASEAN, tahapan berikutnya adalah Saudi Arabia.

“Berikut nya sudah ada beberapa negara yang approach kita juga, negara di ASEAN yang berminat juga untuk kerja sama QRIS cross border,” jelas Filianingsih dalam Taklimat Media Peraturan Bank Indonesia secara online, Senin (23/8).

Editor: Irfan Arief

Related

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas...

Ratusan Nakes di Kota Bengkulu Terima SK PPPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebanyak 264 orang tenaga...

JM Rent Car Pilihan Tepat Hemat Budget, Aman dan Nyaman

Kupas News, Bengkulu – Jasa sewa mobil atau biasa...

Dikukuhkan Gubernur Rohidin, APRMB Siap Bangun Kemitraan dengan Pemerintah

Kupas News, Bengkulu - Keberadaan rental mobil di suatu...

Bank Bengkulu Alokasikan Dana KUR Tahun 2023 Sebesar Rp100 Miliar

Kupas News, Bengkulu – Dukung perekonomian dan program pengentasan...