Selasa, April 16, 2024

Apriansyah Ingatkan Masyarakat Terkait Peredaran Pupuk Palsu

Kupas News, Mukomuko – Kendati harga pupuk tengah melambung tinggi, maka disinyalir merebaknya pupuk-pupuk palsu ditengah masyarakat. Sebab, selain harganya yang terbilang jauh lebih murah dari kondisi saat ini juga akan berdampak pada ekosistem pertumbuhan tanaman.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu Apriansyah menanggapi hal ini terkait pupuk-pupuk palsu yang beredar ditengah masyarakat. Dirinya meminta masyarakat di daerah untuk segera melaporkan jika menemukan oknum-oknum yang melakukan penjualan pupuk palsu.

“Ini harus kita sampaikan agar masyarakat berhati-hati dalam membeli pupuk. Karena momen ini akan dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi saat ini harga pupuk sangat tinggi. Untuk itu masyarakat diimbau untuk melaporkan jika melihat ada yang jual pupuk palsu kepada masyarakat,” kata Apriansyah di Mukomuko saat dihubungi, Kamis, (02/02).

Saat ini, kata Apriansyah ada 5 distributor yang tersebar di Kabupaten Mukomuko. Namun ia menegaskan, meski belum belum ada laporan, pihaknya akan tetap turun untuk melakukan monitoring pengecekan di lapangan.

“Kami akan terus melakukan pengecekan di lapangan. Mulai dari lokasi produsen, distributor hingga kios pengecer. Jadi bagi masyarakat yang menemukan ada indikasi pupuk palsu yang beredar di daerah ini, segera konfirmasi ke distributor dan atau langsung ke Dinas Pertanian. Jika ada ditemukan dugaan pupuk palsu, kita akan proses untuk pengujianya, seperti uji Lab, pengecekan kadarnya serta dampak yang ditimbulkan jika menggunakan pupuk tersebut,” imbuhnya.

Ia menyarankan, untuk menghindari peredaran pupuk palsu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat membeli pupuk di kios-kios pupuk yang resmi. Masyarakat juga di ingatkan untuk tidak mudah tergiur pupuk non subsidi dengan harga jual murah.

Editor: Andhika Kusuma

Related

Pemuda Pancasila Mukomuko Datangi Kesbangpol Daftarkan Pengurus Baru

Adhika Kusuma Saputra, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Mukomuko,...

Larangan Aktivitas TPA di PT. DDP Matikan BUMDes Unit Pengolahan Sampah

Kupas News, Mukomuko - Sejumlah warga di Ipuh menyatakan...

Kaum Dhuafa dan Anak Yatim di Mukomuko Terima Santunan dari Bupati Sapuan

Bupati Mukomuko Sapuan saat memberikan sambutan di hadapan puluhan...

Sinergitas Pemilu 2024, KPU Teken Kerjasama dengan Polres Mukomuko

Kupas News, Mukomuko – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Bid Propam Sosialisasikan Pembinaan Etika Polri di Polres Mukomuko 

Kupas News, Mukomuko - Kasubbid Wabprof Bid Propam Polda...