Minggu, Desember 4, 2022

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah satunya program bidang pertanian yaitu Program Pengadaan Alsintan Gratis untuk petani, berupa hand tracktor, kultivator, mesin air dan hand sprayer.

Menurut Gubernur Rohidin, alsintan dan alat pertanian lainnya yang diberikan kepada kelompok tani ini merupakan bantuan yang sudah menjadi hak petani dari anggaran pemerintah daerah yaitu APBD dan disetujui wakil rakyat (DPRD).

Untuk itu dirinya berharap, setelah hak petani ini diterima, alat pertanian tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Memang secara keseluruhan belum mencukupi, tapi secara bertahap hak petani ini kita programkan terus. Sehingga sarana penunjang pertanian di Bengkulu dari waktu ke waktu semakin baik,” jelas Gubernur Rohidin usai pimpin penyerahan Bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Selasa (27/09).

Kata Rohidin, tujuan petani itu ingin produksi pertanian lebih optimal dan harga jual yang layak. Oleh karena itu menurutnya, untuk mendapatkan hal tersebut, petani harus melakukan 3 hal yaitu semangat dan kemauan, kemampuan atau SDM petani cukup dan tersedianya alat pertanian.

“Kalau ketiganya ada maka saat berangkat ke lahan pertanian atau perkebunan itu bisa melangkah dengan yakin dan bisa dipastikan hasil pertanian akan maksimal,” imbuh Gubernur Rohidin yang sebelumnya juga berikan arahan pada Apel Pagi kepada seluruh ASN dan THL di Linkungan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengatakan, bantuan alsintan pertanian pada tahap ini diberikan kepada 75 Kelompok Tani Kota Bengkulu dan 20 Kelompok Tani Bengkulu Tengah.

“Jadi ada 5 hand traktor, 10 pompa air, 200 hand sprayer masing-masing 5 unit kepada setiap kelompok dan 430 terpal. Kami harapkan alsintan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani,” ujar Ricky.

Editor: Iman Sp Noya

Syarif Bastaman Terpilih Aklamasi Ketua Umum PB GABSI

Syarif Bastaman Ketua Umum PB GABSI terpilih (baju hitam) bersama Ketua GABSI Bengkulu, Rahiman Dani dan pengurus GABSI Bengkulu, Foto: Dok  Kupas News, Surakarta - Kongres...

Gubernur Rohidin Pastikan Bengkulu Genjot Infrastruktur Jalan di 2023

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhakti PU ke 77 Tahun 2022, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu, 3...

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru