Beranda DAERAH BENGKULU SELATAN Beronjong Ambruk BPBD Lepas Tangan

Beronjong Ambruk BPBD Lepas Tangan

0

Beronjong
bengkulu selatan, kupasbengkulu.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan, Ahmad Nizar saat dikonfirmasi mengatakan, terkait ambruknya beronjong penahan tebing gedung Aula Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Bengkulu Selatan yang dikerjakaaan oleh pihaknya sebulan yang lalu tersebut.

Dia (Ahmad Nizar-red), mengakui ambruknya beronjong yang dikerjakan dengan dana BTT sebesar Rp 197 juta itu akibat becana alam.

Jadi tidak mungkin kalau pihaknya akan memperbaikinya kembali.

Menurut Ahmad Nizar, nantinya untuk perbaikan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak teknis.

Sebab kata dia, pihaknya mengerjakan beronjong tersebut sifatnya hanya sementara saja.

“Persoalan itu bukan lagi kewenangan kami, karena itu sifatnya sementara. Sebaiknya penahan tebing itu dikerjakan secara permanen, dan tentunya pekerjaan selanjutnya sebaiknya juga dikerjakan oleh pihak teknis seperti dinas PU. Kalau BPBD kan bukan orang teknis, jadi yang kami laksanakan itu hanyalah tanggab darurat,” ujarnya.

Dituturkan Ahmad Nizar, penahan tebing itu sudah tiga kali di bangun secara permanen, namun tidak bertahan lama, dan ambruk juga seperti beronjong yang baru di pasang pihaknya baru-baru ini.

“Beronjong yang kita pasang itu di tanam hingga ke napal dasar tanah, namun pekerjaan sudah mau selesai hingga lebih dari 90 persen beronjongnya kembali ambruk dan tenggelam sedalam 3,8 meter. Kita tidak tahu persis apa penyebabnya. Yang jelas kewjiban kita sudah, selanjutnya kita serahkan kepada pihak teknis yang membidangi,” demikian Nizar. (tom)