Minggu, Mei 29, 2022

BKSDA Bengkulu Diminta Matangkan Perencanaan TWA DDTS

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menekankan kepada OPD teknis bekerjasama dengan Ditjen Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, Balai Jalan Nasional termasuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, segera mematangkan perencanaan terkait penataan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) Kota Bengkulu seluas 88,82 hektare.

“Jadi hari ini kita matangkan bersama pihak Balai Kementerian, Minggu depan kita lanjutkan dari hasil pantauan di lapangan membahas fix lahan yang akan dibebaskan serta titik pembangunan jalan dan penataan kawasan,” jelas Gubernur Rohidin usai pimpin Rapat Pembahasan Progres Penataan Kawasan Wisata DDTS Bengkulu, di Ruang Rapat Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (14/02).

Terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini, pematangan tersebut mulai dari proses pembebasan lahan dan pembangunan jalan 2 jalur dari Simpang Kompi hingga Simpang Brimob, pembangunan jalur jogging track di sekeliling danau, termasuk penataan kawasan area terbuka untuk parkir serta area kegiatan wisata.

“Proses pembebasan lahan ini ditargetkan selesai pada triwulan pertama tahun 2022 dan pada pertengahan triwulan ke 2, pembangunan jalan 2 jalur ini bisa selesaikan. Baru kemudian dimulai penataan kawasan dan pembangunan jogging track di 2023,” imbuhnya.

Selain itu dalam rapat koordinasi tersebut juga dibahas tahap awal pengembangan jalan provinsi di poros utama Kota Bengkulu.

Hal ini dijelaskan Gubernur Rohidin, untuk mengantisipasi berfungsinya kawasan Pelabuhan Pulau Baai, dengan berfungsinya Jalan Tol, karena diperkirakan gejolak ekonomi akan bangkit pasca Pandemi COVID-19.

“Jadi wajah kota ini perlu penataan. Saya sudah bicarakan dengan Kementerian PUPR kemudian dengan Komisi V DPR RI, nanti akan ditindaklanjuti dengan pihak Balai Cipta Karya dan Balai Jalan Nasional,” jelasnya.

Lanjut Rohidin, penataan jalan kota tersebut mulai dari Simpang Lima hingga Simpang Padang Harapan, yang secara kualitas perlu dilakukan peningkatan.

Kemudian mengusulkan pembangunan jalan layang dari arah Simpang Pagar Dewa ke arah Pulau Baai serta jembatan layang dari Simpang Polda Bengkulu.

“Saya kita dalam posisi saat ini aktifitas kendaraan belum terlalu padat, mungkin belum terlalu membutuhkan anggaran yang besar. Ini akan kita rapatkan kembali dengan pihak Balai dan bangun komunikasi lanjutan dengan Kementerian PUPR,” tutup Rohidin.

Editor: Alfridho Ade Permana

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru