Beranda DAERAH BENGKULU BKSDA Selamatkan Seekor Harimau Sumatera dari Jeratan

BKSDA Selamatkan Seekor Harimau Sumatera dari Jeratan

0
harimau Sumatera/Illustrasi

Harimau Terjerat

kupasbengkulu.com – Seekor Harimau Sumatera betina dewasa seberat 70 kilogram (Kg) dengan panjang 150 centimeter (cm) dan tinggi 1 meter, Kamis (03/04/2014), berhasil diamankan oleh petugas Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan data terhimpun, satwa langka berusia 3 tahun ini diamankan setelah masuk dalam perangkap warga di daerah Trans Sulau, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dari pantauan kupasbengkulu.com. terlihat kaki kanan depan harimau betina ini membusuk, diduga karena luka akibat terkena jebakan selama 3 hari, sehingga perlu penanganan serius.

Diakui oleh petugas medis yang menangani harimau, drh. Erni Suyanti, informasinya harimau ini didapat di sekitar lokasi PT Selaras Jaya, Trans Sulau dalam kondisi terjerat.

“Selanjutnya kami langsung survey ke lapangan,” kata dia.

Harimau malang ini, lanjut Erni, kakinya akan diamputasi, karena sudah membusuk dan tidak bisa diselamatkan lagi. Selain itu, penanganan sementara sang harimau juga akan diberi suntikan anti biotik, penghilang rasa sakit dan dehidrasi.

Ditambahkannya, harimau juga akan diberi suplemen, pasca operasi amputasi kakinya, sedangkan pasca pemulihan, pihaknya masih menunggu keputusan dari menteri kehutanan tentang harimau ini.

“Idealnya, akan dikembalikan ke alam bebas, tapi melihat kondisinya yang akan cacat, kita terpaksa menunggu keputusan akan dibawa kemana harimau ini,” pungkasnya.(vai)