Sabtu, Desember 2, 2023

Bupati Erwin Akhirnya Tandatangani Nota Hibah Rp 14 M untuk KPU dan Bawaslu

Bupati Erwin Akhirnya Tandatangani Nota Hibah Rp 14 M untuk KPU dan Bawaslu

webadmin

Tue, 11/14/2023 – 18:29

Bupati Seluma tandatangani NPHD untuk KPU dan Bawaslu Seluma, Selasa, 14 November 2023, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Hibah 40 persen bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Seluma untuk anggaran Pilkada bakal segera dicairkan setelah dilakukannya penandatanganan NPHD di ruang rapat Bupati, Selasa, (14/11/2023).

Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, bahwa terkait jadwal penandatanganan NPHD KPU dan Bawaslu ini sudah terjadwal sejak lama karena soal anggaran Pilkada  memang sudah jadi tanggung jawab dari Pemerintah daerah.

“Hibah anggaran KPU dan Bawaslu memang jadi prioritas kita namun perlu proses hingga kita laksanakan penandatanganan NPHD di hari ini,” kata Bupati Erwin.

Kesepakatan Dana hibah untuk Pilkada sebesar 35 Miliar, dan direalisasikan 40 persen di APBD-P yakni KPU 10,6 Miliar dan Bawaslu 3,4 Miliar. Bupati Erwin berharap dengan telah direalisasikan dana hibah ini KPU dan Bawaslu bisa bekerja maksimal berkegiatan guna mensukseskan pemilu 2024 mendatang.

“Pesta demokrasi merupakan hajatan penting. Setelah dianggarkan hibah KPU dan Bawaslu kedepannya bisa maksimal menjalankan kegiatan-kegiatan menjelang pilkada 2024 mendatang,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Seluma Gandi Jaya mengatakan pihaknya berkomitmen menggunakan anggaran hibah ini bakal sesuai dengan aturan ataupun regulasi yang telah ditentukan.

Prinsipnya kata Gandi, Bawaslu selalu mengedepankan transparansi dan partisipasi semua pihak terkait untuk mensukseskan pemilu.

“Kami minta semua pihak terkait bisa ikut berpartisipasi mengawasi Bawaslu dalam menggunakan anggaran hibah ini. Bawaslu tetap mengedepankan transparansi, partisipasi dan akuntabilitas sebagai lembaga pengawasan di penyelenggaraan pemilu nantinya,” kata Gandi.

Sementara Ketua KPU tidak bisa menghadiri acara tersebut sehingga minta dijadwalkan kembali untuk melakukan penandatanganan NPHD antara KPU dan Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma. Setelah NPHD ditandatangani, dana hibah Pilkada akan segera direalisasikan paling lama 14 hari kedepan.

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Politik

standard

Related

Bakal Terima Hibah Pilkada Rp 50,6 M, Kinerja Bawaslu Provinsi Bengkulu Disorot

Bakal Terima Hibah Pilkada Rp 50,6 M, Kinerja Bawaslu...

Bakal Terima Hibah Pilkada Rp 50,6 M, Kinerja Bawaslu Provinsi Bengkulu Disorot

Bakal Terima Hibah Pilkada Rp 50,6 M, Kinerja Bawaslu...

Jembatan Elevated Danau Dendam Tak Sudah Siap Uji Coba

Jembatan Elevated Danau Dendam Tak Sudah Siap Uji Coba ...

Aplikasi Belanja Titipku Gandeng Merry Riana sebagai Brand Ambassador

Aplikasi Belanja Titipku Gandeng Merry Riana sebagai Brand Ambassador ...

DPRD Mukomuko Akomodir Gaji Honda untuk Tahun 2024

DPRD Mukomuko Akomodir Gaji Honda untuk Tahun 2024 ...