Selasa, Mei 21, 2024

Caleg Perempuan Berpotensi Banyak Raup Suara

Ketua KPU Benteng, Asmara Wijaya, ST
Ketua KPU Bengkulu Tengah, Asmara Wijaya, ST

kupasbengkulu.com – Calon Anggota Legislatif (Caleg) Perempuan diprediksi akan ikut mendominasi perolehan kursi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 ini. Hal ini merujuk pada fakta hampir 40 persen dari seluruh Caleg adalah perempuan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) bengkulu Tengah, Asmara Wijaya ST, pada kupasbengkulu.com menyatakan, dari total 286 Caleg, 105 diantaranya adalah Perempuan.

“Sedangkan caleg laki-laki berjumlah 181 orang,” terang Asmara, Minggu (31/03/2014).

Melihat jumlah pemilih perempuan sebanyak 37.443 orang yang berarti 49 persen dari total pemilih, tentu saja potensi para caleg perempuan harus diperhitungkan. Jumlah pemilih perempuan hanya kalah 1316 orang dari jumlah pemilih laki-laki, membuat suara dari kaum hawa ini berpotensi untuk mendongkrak perolehan suara caleg prempuan.

Sementara itu, bila melihat per daerah pemilihan (dapil), wilayah Kecamatan Pondok Kelapa dan Pondok Kubang yang tergabung dalam wilayah Dapil 2, diyakini sebagai lumbung suara terbesar bagi para Caleg perempuan.

Untuk wilayah ini, caleg perempuan hanya berjumlah 36 orang, bandingkan dengan jumlah Caleg lelaki yakni 54 orang. Sedangkan dari segi pemilih, jumlah pemilih perempuan berjumlah 12.672, hanya kalah sedikit dari jumlah pemilih lelaki yang berjumlah 13141 orang. Relawan dari pihak perempuan melaporkan bahwa kemungkinan pemilih perempuan untuk memilih caleg perempuan sangat besar.

“Oleh sebab itulah, bisa kita katakan untuk Kabupaten Bengkulu Tengah, caleg perempuan juga berpotensi besar raih kursi,” demikian Asmara. (vai)

Related

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...

Terindikasi Ajang Kampanye, Program Sapa Warga Bupati Erwin Disorot Bawaslu

Terindikasi Ajang Kampanye, Program Sapa Warga Bupati Erwin Disorot...

Mahfud Semprot Gibran: Pertanyaan Receh, Ngarang dan Ngawur

Mahfud Semprot Gibran: Pertanyaan Receh, Ngarang dan Ngawur ...

Hadir di Bengkulu, Raffi Ahmad Disambut Histris Pendukung Prabowo

Hadir di Bengkulu, Raffi Ahmad Disambut Histris Pendukung Prabowo ...