Jumat, Mei 24, 2024

Calo CPNS Seluma Divonis 1 Tahun Penjara

Calo CPNS Seluma

seluma, kupasbengkulu.com – Terdakwa Calo CPNS Nasution (47) alias Tiun mantan Lurah Puguk diVonis Majelis Hakim satu tahun penjara sedangkan terdakwa II Baidin (57) divonis 6 bulan penjara.

“Sesuai pasal 378 junto pasal 55 dan 56 ayat 1 ke 1 dengan banyak pertimbangan terdakwa satu divonis 1 tahun penjara dan terdakwa dua divonis 6 bulan penjara dengan denda senilai Rp 5000,” kata Majelis Hakim Merri Hariana dengan Hakim Pendamping Bili Abi Putra dan Eldi Nasali dalam persidangan Kamis (18/12/2014).

Dalam persidangan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Deti Susanti, menuntut terdakwa 4 tahun penjara namun dalam sidang putusan kedua belah pihak tidak ada yang merasa keberatan.

Sementara itu ditemui secara terpisah Humas Pengadilan Negeri Tais, Muhammad Juanda Parisi menuturkan ada beberapa poin yang meringankan tuntutan terdakwa Nasution dan terdakwa Baidin sehingga keputusan persidangan hanya satu tahun.

“Pertama kedua terdakwa sopan dalam persidangan kedua korban juga salah karena korban sendiri seorang PNS yang mengetahui bahwa hal itu tidak dibenarkan dan ketiga mengingat terdakwa Nasution masih berstatus PNS,” terang Juanda.

Bergulirnya kasus ini bermula dari laporan korban atas nama Waslani seorang PNS di dinas ESDM Seluma yang memberikan uang senilai Rp 90 juta kepada kedua terdakwa dengan menjanjikan akan meluluskan adik korban Waslani dalam tes CPNS di Kabupaten Seluma pada tahun 2008 lalu dengan modus menjanjikan karena terdakwa Nasution merupakan keluarga dekat Mantan Bupati Seluma Murman Efendi.(cee)

Related

Ada ASN Jadi Calo Pegawai Bank, Sekda Seluma Dukung APH Usut Tuntas

Ada ASN Jadi Calo Pegawai Bank, Sekda Seluma Dukung...

Diduga Jadi Calo Pegawai Bank Bengkulu, Oknum ASN Dipolisikan

Diduga Jadi Calo Pegawai Bank Bengkulu, Oknum ASN Dipolisikan...

Gembong Narkoba Asal Bengkulu Kirmin Akan Dituntut Berat

Gembong Narkoba Asal Bengkulu Kirmin Akan Dituntut Berat ...

Kepala BPN Seluma Pastikan Program PTSL Bebas Pungutan Liar

Kepala BPN Seluma Pastikan Program PTSL Bebas Pungutan Liar...

Pj Wali Kota Bengkulu Dilapor ke Bawaslu

Pj Wali Kota Bengkulu Dilapor ke Bawaslu ...