Beranda KULINER Cicipi Plecing Kangkung Khas Lombok

Cicipi Plecing Kangkung Khas Lombok

0
Plecing Kangkung, Khas Lombok.
Plecing Kangkung, Khas Lombok.
Plecing Kangkung, Khas Lombok.

 

kupasbengkulu.com – Siapa sangka bila kangkung menjadi makanan khas, namun itulah yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masyarakat setempat menjadikan kangkung sebagai masakan khas, sehingga dirasa belum lengkap bila ke Lombok belum mencicipi salah satu makanan khasnya yakni Plecing Kangkung.

Masyarakat Lombok berpendapat bahwa kangkung yang tumbuh di Lombok berbeda dengan kangkung yang tumbuh di daerah lain. Kangkung Lombok memiliki tekstur yang lebih lembut dengan warna hijau cerah, ukuran batangnya pun lebih besar dari kangkung biasanya. Kangkung Lombok ini biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, inilah yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah. Sehingga akan menimbulkan sensasi berbeda ketika mengunyahnya apalagi dipadukan dengan bumbu yang super pedas

Karena penasaran, pada kunjungan ke Lombok beberapa waktu lalu kupasbengkulu.com ikut berburu masakan itu. Ternyata, selain segar Plecing Kangkung Lombok juga kaya bumbu, salah satunya terasi.

Bagi pembaca yang ingin merasakan nikmatnya Plecing Kangkung, namun berada jauh dari Lombok dapat mencoba resep yang berhasil didapat kupasbengkulu.com berikut ini. Meski tidak menggunakan bahan baku kangkung Lombok, namun resep berikut ini patut dicoba.

Selain kangkung, bahan lain yang haru disiapkan berupa 10 buah cabe merah, 4 buah cabe rawit, 5 buah kemiri, 1 sendok teh minyak goreng, 1 sendok teh garam, terasi secukupnya dan 1 buah jeruk nipis. Cara membuat Plecing Kangkung, terlebih dahulu rebus kangkung lalu tiriskan. Haluskan semua bumbu dan beri perasan jeruk nipis. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, rebusan kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Sebelum disantap campur semua bahan dan bumbu. Selamat mencoba.(beb)