oleh

Coba Makanan Langka Ini, Gulai Jantung Pisang

Jantung pisang yang telah diolah menjadi menu nikmat
Jantung pisang yang telah diolah menjadi menu nikmat

kupasbengkulu.com – Pisang merupakan tanaman yang mudah didapat di Indonesia, buahnya mengandung karbohidrat, vitamin B6, B Komplek, Vitamin C dan kaya mineral. Meski demikian ternyata tidak hanya buah pisang saja yang dapat dikonsumsi, melainkan juga jantungnya.

Jantung pisang adalah bunga pisang yang sebagian akan menjadi buah pisang. Dinamakan ‘jantung’ karena bentuknya menyerupai jantung, namun jantung itu tersusun dari daun-daun pelindung berwarna merah kecokelatan yang saling menutupi dan bunga-bunganya tumbuh membentuk sisir.

Jantung atau bunga pisang berjenis kelamin jantan dan betina, bunga betina tumbuh di bagian pangkal batang, bunga jantan tumbuhnya di bagian tengah, sedangkan gabungan bunga jantan dan betina yang disebut dengan bunga sempurna tumbuhnya di ujung tandan.

Jantung pisang rasanya gurih dan lezat, dikonsumsi sebagai masakan tradisional. Namun saat ini masakan jantung pisang dapat dikategorikan sebagai makanan langka.

Di Bengkulu masakan jantung pisang populer di kalangan masyaraat Bengkulu Selatan yang gemar memasak gulai jantung pisang. Bahan dasar pembuatan gulai tersebut adalah jantung pisang yang berada diujung tandan.

Namun sebelum memasak sebaiknya dipastikan terlebih dahulu apakah jantung pisang tersebut dapat dimasak atau tidak. Sebab jenis pisang tertentu memiliki rasa sepat, sehingga kurang nikmat dikonsumsi.

Untuk membuat olahan jantung pisang ini bahan yang harus disiapkan berupa 1 buah jantung pisang, setengah buah kelapa, siapkan pula bumbu berupa 2 siung bawang putih, 3 siang bawang merah, 3 buah cabe merah, jangan lupa garam dan bumbu penyedap rasa.

Cara membuatnya, belah jantung pisang, lalu buang kelopak yang berwarna merah dan coklat, ambil bunga dan kelopak putih dan lunak. Parut kelapa, lalu peras dan ambil santannya. Iris tipis bawang putih, bawang merah dan cabe tersebut, namun untuk irisan cabe merah dilakukan dengan cara menyerong agar tampilannya menarik.

Didihkan santan, lalu masukkan irisan bawang merah, bawang putih dan cabe merah aduk rata agar santan tidak pecah. Masukkan jantung pisang, diamkan sebentar lalu aduk rata, jika tidak jantung pisang akan berwarna hitam. Masak diatas api sedang sekitar 10 menit, lalu hidangkan. Selamat mencoba resep ini, dijamin sekali mencoba Anda akan ketagihan. (beb)

Rekomendasi