Dewan Siswanto Apresiasi Penunjukan Desa Arga Jaya Sebagai Kampung Pancasila

0
128
Anggota DPRD Mukomuko, Siswanto didampingi camat Sunandi dan Kades Janu Sutopo saat berbincang dengan Kodim 0428 Mukomuko bersama Kepala Dispora Mukomuko terkait penunjukan Desa Arga Jaya sebagai Kampung Pancasila di kantor Desa Arga Jaya, Rabu, (26/10).
Anggota DPRD Mukomuko, Siswanto didampingi camat Sunandi dan Kades Janu Sutopo saat berbincang dengan Kodim 0428 Mukomuko bersama Kepala Dispora Mukomuko terkait penunjukan Desa Arga Jaya sebagai Kampung Pancasila di kantor Desa Arga Jaya, Rabu, (26/10).

Kupas News, Mukomuko – Anggota DPRD Mukomuko Siswanto didampingi Camat Air Rami, Sunandi dan Kepala Desa Arga Jaya Janu Sutopo menyambut baik kedatangan Kodim 0428 Mukomuko bersama Kepala Dispora Mukomuko di Desa Arga jaya Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko, Rabu, (26/10).

Adapun kunjungan Kodim 0428 Mukomuko beserta Kepala Dispora Mukomuko dalam rangka penunjukan Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami sebagai Kampung Pancasila di Kabupaten Mukomuko.

Saat di wawancara media kupasbengkulu.com, Anggota DPRD kabupaten Mukomuko Siswanto mengatakan apresiasinya atas terpilihnya Desa Arga Jaya menjadi Kampung Pancasila.

“Saya sangat menyambut baik kedatangan Kodim 0428 Mukomuko bersama Kepala Dispora Mukomuko. Kedatangan ini merupakan penunjukan Desa Arga Jaya menjadi Kampung Pancasila,” kata Siswanto kepada media ini.

Siswanto menjelaskan Desa Arga Jaya ini telah di huni beberapa suku yang ada di Kabupaten Mukomuko yang antara lain adalah suku Rejang, suku Serawai, Jawa, Sunda, Barak. Disini, kata Siswanto, juga terdapat beberapa ras dan agama dari berbagai suku.

Kendati demikian, dirinya mengharapkan dari beberapa suku yang ada tersebut dapat berbaur tanpa menggolongkan satu sama lain, baik, suku, adat istiadat maupun ras agama.

“Jadi di desa ini bermacam-macam suku, adat istiadat maupun agama. Dari perbedaan itu warga disini selalu hidup berdampingan juga saling gotong royong jika terdapat aktivitas yang bersifat membutuhkan banyak tenaga,” ujarnya.

Tak hanya itu, dirinya juga selalu ingatkan pemuda dan pemudi setempat untuk selalu menjaga desa dalam situasi apapun. Apalagi Desa ini telah ditunjuk menjadi Kampung Pancasila, tentu marwah desa ini pun harus dijaga Kebhinekaannya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Arga Jaya, Janu Sutopo mengucapkan terima kasih atas kedatangan Dandim 0428 Mukomuko dan kepala dinas Dispora ke desa ini. Selain penunjukan Desa Arga Jaya sebagai Kampung Pancasila, kunjungan ini sekaligus untuk bersilaturahmi dan berbincang banyak hal tentang desa.

“Terpilihnya desa Arga Jaya sebagai Kampung Pancasila tentu nya menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Terkhusus dalam menjaga marwah Bhineka Tunggal Ika di Desa Arga Jaya,” kata Kades Janu Sutopo.

Selain itu, kedatangan Dandim 0428 dan Kadispora ke desa Arga Jaya juga dimanfaatkan Janu Sutopo untuk menerima beberapa arahan terkait kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara. Kontribusi pemuda, kata Janu, erat kaitannya menjaga marwah Kampung Pancasila.

“Dari sini kami juga mendapat wejangan dan arahan oleh pak Dandim. Kami pun sebelumnya juga berharap agar kepala dinas Dispora melihat dan mendengar langsung apa kelemahan dan kelebihan desa kami terutama di bidang kepemudaan,” pungkasnya mengakhiri. (Adv-And)