Sabtu, Desember 10, 2022

HSP ke-94, Roni Pasla: Pemuda Adalah Tonggak Pemersatu Bangsa

Baca selanjutnya

Kupas News, Mukomuko – Hari Sumpah Pemuda (HSP) merupakan refleksi bagi generasi muda untuk mendedikasikan diri dengan segala wawasan-wawasan kepemimpinan dan kebangsaan. Peran pemuda menjadi tonggak pemersatu bangsa. Gerakan-gerakan generasi muda ini juga wajib berorientasi pada Pancasila dan UUD 1945.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Mukomuko Roni Pasla saat menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang jatuh pada 28 Oktober 2022. Ia juga menegaskan momentum ini harusnya menjadi refleksi tersendiri bagi para pemuda di Indonesia, khususnya pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Mukomuko.

Roni menjelaskan  peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan upaya pemerintah menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan dan dipelajari kembali. Sehingga ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk teladan dan inspirasi menuju visi bangsa yang besar.

“Hari Sumpah Pemuda memberikan banyak pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan suku, agama, ras dan kultur. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan telah dicatat dengan tinta emas sepanjang masa sehingga mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” kata Roni kepada media Kupasbengkulu.com.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, sambungnya, harus dimaknai dengan arti penting yang erat kaitannya dengan jaman modern atau kekinian. Keberlanjutannya, pemuda-pemudi itu harus memiliki arti yang sesuai di masa-masa yang akan datang.

“Ancaman terhadap kesatuan bangsa itu selalu ada. Kemudian, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan membangun peradaban bangsa yang unggul,” kata Anggota dewan dari partai asuhan Megawati Sukarnoputri.

Roni juga berpesan bahwa pemuda saat ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Sehingga, apa yang pemuda lakukan saat ini menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang. Terkhusus seluruh pemuda yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Keragaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan luar biasa menuju kejayaan bangsa. Tentu mandat yang diamanahkan untuk para pemuda saat ini dimaknai dengan nilai-nilai luhur persatuan. Pemuda tak hanya menjadi pelaku penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa, namun juga menjadi tulang punggung kejayaan bangsa sepanjang masa,” demikian Roni. (Adv-And)

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru