Beranda DAERAH BENGKULU SELATAN Di Bengkulu Selatan, Galian C Ditiga Kecamatan Diduga Illegal

Di Bengkulu Selatan, Galian C Ditiga Kecamatan Diduga Illegal

0
Nazimri, salah seorang tokoh masyarakat menyampaikan  masukan
Nazimri, salah seorang tokoh masyarakat menyampaikan masukan

Bengkulu Selatan, kupasbengkulu.com – Tambang galian C di tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Kota Manna, Pasar Manna dan Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan diduga illegal. Pasalnya, dari beberapa tambang galian C, yang beroperasi diduga tidak mendapat izin dari Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Selatan.

”Sampai saat ini dari tiga kecamatan yang berpotensi untuk diambil bahan galian C tersebut, diduga belum ada yang mendapat izin resmi dari pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Selatan,” kata Tokoh Masyarakat Nazimri, warga Jalan Kayu Kunyit Kecamatan Manna, saat diberi kesempatan memberikan masukan kepada konsultan PT. Citra Utama Conindo, tentang Rencana Detail Tata Ruang Kawasan (RDTRK) pada ekspose laporan akhir di aula Kantor Bappeda Bengkulu Selatan, Sabtu (20/12/2104).

Disampaikan Nazimri, dalam laporan yang disampaikan konsultan perencana PT. Citra Utama Conindo itu, memuat untuk tambang pengambilan batu dan pasir dengan luas 689,9 Hektare (Ha) zona pertambangan galian C yang terdapat di kecamatan Manna, Pasar Manna dan Kota Manna.

”Seharusnya pihak konsultan harus lebih detail lagi menyampaikan per-wilayah yang mana yang diperbolehkan untuk tambang galian C itu,” demikian Nazimri.(tom)