Beranda DAERAH Rejang Lebong Gubernur : TMMD Wujud Nyata Partisipasi dan Kepedulian TNI

Gubernur : TMMD Wujud Nyata Partisipasi dan Kepedulian TNI

0
Gubernur menyerahkan mesin rumput usai pembukaan TMMD Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.
Gubernur menyerahkan mesin rumput usai pembukaan TMMD Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.
Gubernur menyerahkan mesin rumput usai pembukaan TMMD Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

kupasbengkulu.com- Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, Selasa (10/06/2014), mengatakan bahwa program TNI manunggal membangun desa merupakan program lintas sektoral yang bukan hanya melibatkan TNI tetapi juga pemerintah daerah, serta masyarakat. Hal ini dikatakan gubernur saat membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan Tahun 2014 di Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

“TMMD ini wujud nyata partisipasi dan kepedulian TNI untuk ikut serta membantu pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan, khususnya di wilayah pedesaan dengan upaya pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di daerah,” tambah Gubernur.

Melalui kegiatan ini, harap Gubernur, roda pembangunan di pedesaan akan semakin terpacu dan termotivasi, sehingga pada gilirannya akan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Disadari Gubernur, dengan terbatasnya waktu dan personel di lapangan dalam melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik di beberapa lokasi TMMD.

“Untuk itu perlu dukungan dan peran serta dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan masyarakat secara keseluruhan untuk bersama-sama ikut dalam pencapaian sasaran TMMD imbangan ini,” kata Gubernur.

Dijelaskannya, melalui program ini dilaksanakan berbagai pembangunan, baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Dalam kegiatan fisik lebih diutamakan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat di daerah Rejang Lebong.

“Diprioritaskan untuk membantu membuka akses yang lebih luas guna mendukung pertumbuhan roda perekonomian masyarakat pedesaan,” ujarnya.

Personil TMMD di Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, lanjut dia, untuk sasaran non fisik diarahkan untuk mendukung tumbuhnya motivasi dan kreativitas masyarakat di desa guna meningkatkan wawasan dan semangat kabangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara. Sehingga mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Juga mendorong pembangunan masyarakat berkualitas dan memiliki ketahanan yang tangguh, dalam menghadapi setiap permasalahan dan persoalan bangsa. Akan terwujud nantinya kondisi sosial masyarakat yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan nasional,” tutup Gubernur.

Selain dibuka Gubernur, pembukaan kegiatan TMMD ini juga dihadiri oleh Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Achmad Sudarsono, Bupati Rejang Lebong, Suherman, dan FKPD Kabupaten Rejang Lebong.(coy)