Kamis, Februari 29, 2024

Jadwal Debat Capres 2024: Tanggal, Tema dan Format

Jadwal Debat Capres 2024: Tanggal, Tema dan Format

Sat, 12/09/2023 – 12:12

Pengambilan Nomor Urut Capres Pemilu 2024 beberapa waktu lalu, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye 28 November 2023-10 Februari 2024. Debat rencananya akan digelar sebanyak 5 kali, rinciannya 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres.

Debat pertama akan digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Selanjutnya tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik akan dibedah dalam agenda debat ketiga yang akan berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2023.

Dilanjutkan dengan debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024 dengan tema pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa

Terakhir debat kelima yang akan dihelat pada 4 Februari 2024. Tema debat terakhir akan difokuskan pada isu Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Anggota KPU RI, August Mellaz memastikan debat akan diformat dalam bentuk saling interaksi antara pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

“Yang jelas ada pendalaman, kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan? Yang jelas KPU tidak dalam rangka itu,” kata August, Jumat, (08/12/2023)

Menurut August, KPU tak ingin terjebak dalam diksi “sanggah-sanggahan” yang tengah ramai di media, antara tim sukses (timses) masing-masing pasangan capres-cawapres.

Menurutnya, pendalaman itu bisa berasal dari moderator ataupun peserta lain. Oleh karena itu, pihaknya tengah memfinalisasi rencana tersebut.

“Kami tidak mau masuk ke diksi-diksi begitu tapi pendalaman itu ada. Karena rundown-nya jelas, setiap menit itu dihitung. Di situ detail dan teknis dan itu yang kami bahas di sini,” ujarnya.

Editor: Iman SP Noya

Politik

trending

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...