oleh

Jelang Tahun Ajaran Baru, Dinas Pendidikan Sosialisasikan PPDB Online

PPDB online

kupasbengkulu.com – Menginjak tahun ke lima pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Real Time Online, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu gelar sosialisasi di hadapan para guru.

Dijelaskan Drs. Gianto, ada beberapa perbedaan mekanisme pendaftaran antara tahun ini dan tahun lalu. Disebutkannya di tahun ini para siswa lebih diberikan kesempatan untuk melakukan test di sekolah-sekolah yang mereka inginkan.

“Ada beberapa perbedaan mekanisme PPDB antara tahun ini dengan tahun lalu, yang mana pada tahun lalu, khususnya untuk SMA/SMK pendaftaran dilakukan berbarengan, anak-anak yang sudah memilih SMA/SMK, dia hanya punya satu kesempatan memilih. Sehingga yang sudah mendaftar SMA tidak bisa mendaftar di SMK. Yang tahun ini bedanya bagi anak-anak yang tidak lulus seleksi masuk SMA, mereka bisa mendaftar lagi untuk masuk SMK,” terang Gianto, Jumat (20/06/2014).

Selain itu ditambahkannya, dalam PPDB Real Time tahun ini, sekolah swasta juga masuk dalam daftar online, sehingga siswa bisa memilih tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

“Kalau tahun kemarin sekolah swasta tidak menjadi pilihan secara online di Kota Bengkulu, namun atas permintaan pihak  BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Swasta) sekolah swasta juga menjadi pilihan, sehingga ada kombinasi pilihan yakni tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta,” lanjutnya.

Gianto mengharapkan agar sekolah swasta di Kota Bengkulu terus meningkatkan mutunya untuk bersaing dengan sekolah negeri.

“Kalau di Kota Bengkulu, sekolah swasta memang lebih sedikit peminatnya di banding sekolah negeri, lain kalau di kota besar. Oleh karena itu sekolah swasta harus tetap meningkatkan mutunya sehingga nanti akan menjadi sekolah pilihan bagi para pelajar,” tandas Gianto.(val)

Rekomendasi