Rabu, November 30, 2022

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila 2022 di Ende

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Kali pertama Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, (1/6).

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh generasi muda anak bangsa, untuk mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

“Kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Kemudian mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai intraksi antar sesama anak bangsa,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengingatkan seluruh anak – anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila di setiap lini kehidupan.

“Saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama – sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.

Upacara peringatan ini juga dilaksanakan oleh masing – masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, melalui zoom dan youtube Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

“Untuk OPD dan instansi lainnya baik vertikal maupun BUMN atau lembaga yang ada di daerah itu melaksanakan peringatan hari pancasila melalui kanal youtube BPIP, jadi seluruhnya memang diarahkan untuk memeriahkan hari lahir Pancasila itu di tempat masing – masing,” jelas Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar usai mengikuti upacara melalui zoom.

Terkait dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila Khairil mengungkapkan bahwa seiring dengan globalisasi, juga perkembangan teknologi, nilai – nilai Pancasila seakan mulai berkurang dan meredup, untuk itu perlu usaha untuk kembali membangkitkan nilai – nilai Pancasila dan mengingatkan kembali bahwa Pancasila adalah dasar negara juga falsafah hidup.

“Dengan diperingati setiap tahun hari lahir pancasila ini diharapkan memunculkan semangat kita, semangat kebangsaan kita, kecintaan kita kepada Pancasila yang bisa kita terapkan sehari – hari, inilah yang bisa mempersatukan, mempertahankan negara kita,” ungkap Asisten I Khairil Anwar.

Editor: Fredy Watania

BI Bengkulu Gandeng ACC Sosialisasikan QRIS Alat Bayar Berbasis Digital

Ketua ACC Bengkulu Usmadi Dianto saat menyerahkan plakat kepada Oni Luthfi pada kegiatan sosialisasi QRIS di Arga Makmur, Bengkulu Utara, Senin, 28 November 2022....

Lalai Tinggalkan Dompet, IRT di Penarik Lapor Polisi

HR saat diamankan Polsek Penarik Raya, Kabupaten Mukomuko, Foto: Dok Kupas News, Mukomuko - Seorang pria berinisial HR (37) warga Desa Sumber Sar, Kecamatan Air...

Gubernur Rohidin Hadiri Peresmian Better Home

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan pada peresmian supermarket bahan bangunan (Better Home) di Jalan Adam Malik, Kota Bengkulu, Senin, 28 November 2022,...

Reses Irwan Eriadi Serap Aspirasi untuk Menunjang Pembangunan Dapil

Kupas News, Bengkulu - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Irwan Eriadi, SE, M.Si, menggelar reses masa persidangan ke III tahun sidang 2022 di Daerah Pemilihan...

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru