Beranda KULINER Kapolsek Selebar Kompol Banyu Enri : “Idih Gede Banget”

Kapolsek Selebar Kompol Banyu Enri : “Idih Gede Banget”

0
Kapolsek Selebar, Banyu Enri memperlihatkan ikan yang cukup besar
Kapolsek Selebar, Banyu Enri memperlihatkan ikan yang cukup besar
Kapolsek Selebar, Banyu Enri memperlihatkan ikan yang cukup besar

kupasbengkulu.com – Istri dari anggota DPRD Provinsi Bengkulu Suharto yakni Kapolsek Selebar Kompol Banyu Erni tercengang setelah melihat ikan yang siap di bakarnya (10/5/2014).

“Idih gede banget ikannya,” kata Kapolsek sambil mengangkat ikan Kuwe gerong atau belitong berat mencapai 6 kg.

Ikan dengan nama Charanx ignobilis  berukuran jumbo tersebut yang sudah dilumuri bumbu-bumbu siap dipanggan dipemanggangan yang telah disiapkan anggota polsek selebar.

Dikatanya, bakar-bakar ikan yang di kantor Polsek tersebut, hanya untuk merileksasi anggota yang bertugas di Polsek Selebar tersebut.

“Kita cuma bakar-bakar aja, tidak ada peringatan apapun,” ujarnya.

Ikan kuwe gerong dipilih Kapolsek dikenal sebagai ikan dagang maupun ikan pancing. Selain itu tekstur dagingnnya memang lemabut.

Ikan tangkapan umum banyak ditemukan didaerah  tropis Indo-Pasifik. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai giant trevally atau GT .Ikan ini mudah sekali dikenali dari dahinya yang tampak besar dengan warna tubuh keperakan semburat kuning.

Ukuran tubuhnya besar, dengan panjang dapat mencapai 170 cm dan berat 80 kg. Ketika muda menyukai perairan dengan kegaraman rendah, tetapi setelah besar dapat ditemukan di berbagai zona laut.(cr3)