Selasa, Februari 7, 2023

Komisi 3 Gelar RDP Panggil Dispangtan Terkait Program Ketahanan Pangan

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemenuhan kebutuhan pangan dan menjaga ketahanan pangan menjadi tugas penting Dinas Pangan dan Pertanian. Apalagi, Kota Bengkulu memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan cakupan geografis yang luas dan tersebar.

Dengan kondisi tersebut, diperlukan pangan dalam jumlah mencukupi dan tersebar yang memenuhi kriteria konsumsi maupun logistik yang mudah diakses oleh setiap orang.

Untuk memastikan terpenuhinya pangan bagi masyarakat Kota Bengkulu, Komisi 3 DPRD Kota Bengkulu, Senin, (28/03) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan memanggil Dinas Pangan dan Pertanian.

Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok
Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok

Wakil Ketua Komisi 3 Baidari Citra Dewi yang memimpin jalannya RDP mengatakan pangan merupakan komoditas penting untuk membangun bangsa. Ketahanan pangan, menurutnya, merupakan masalah yang sangat serius. Sebab, ketahanan pangan bagian dari sendi ekonomi masyarakat dan juga menjadi tolok ukur kesejahteraan rakyat.

“Semuanya tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dari jumlah maupun mutunya dan produksi pangan terus meningkat dengan posisi yang aman di tengah pandemi dan krisis global,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Desi Aneri mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai program dan kegiatan untuk memastikan ketersediaan dan ketahanan pangan.

Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok
Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok

Diantaranya program ketersediaan, akses dan konsumsi pangan yang berkualitas, Pemantapan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan, pemantapan sistem distribusi dan stabilitas harga pangan serta Pemantapan ketersediaan dan penanganan rawan pangan.

Di akhir RDP, Baidari menegaskan Dewan berkomitmen mendukung Dinas Pangan dan Pertanian dalam menjamin ketersediaan pangan. Baidari melanjutkan sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang tetap bertahan di masa pandemi Covid-19, selain sektor UMKM.

“Kami akan kawal dan dukung dalam hal menjaga ketahanan pangan,” pungkas Politisi Partai Nasdem ini. (Adv)

Hadiri HPN 2023, PWI Bengkulu Disambut Spesial

Kupas News, Sumatera Utara – Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Provinsi Bengkulu tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin,...

Polisi Amankan Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Bengkulu Selatan

Kupas News, Bengkulu Selatan – Polres Bengkulu Selatan selidiki aktivitas disalah satu penginapan di Kecamatan Pino Raya terkait penyalahgunaan narkotika. Penyelidikan itu berdasarkan informasi...

Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal, Roni Pasla Ingatkan Pemuda Bermental Juara

Kupas News, Mukomuko – Pembukaan turnamen futsal yang digelar pemuda Karang Taruna Desa Pulau Makmur Kabupaten Mukomuko, Minggu, (5/2) dihadiri Wakil Bupati Mukomuko Wasri...

6 Boneka Lucu untuk Anak

Kupas Bengkulu - Boneka merupakan salah satu mainan favorit anak-anak. Selain menjadi teman bermain, boneka juga dapat menstimulus kemampuan dan kreativitas si kecil. Nah, bagi...

Gubernur Rohidin Besuk Rahiman Dani Korban Penembakan OTD

Kupas News, Kota Bengkulu - Kondisi terkini korban penembakan Rahiman Dani dikabarkan sehat dan membaik. Saat ini korban penembakan orang tak dikenal (OTD) itu...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru