Senin, Agustus 15, 2022

Komisi 3 Gelar RDP Panggil Dispangtan Terkait Program Ketahanan Pangan

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemenuhan kebutuhan pangan dan menjaga ketahanan pangan menjadi tugas penting Dinas Pangan dan Pertanian. Apalagi, Kota Bengkulu memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan cakupan geografis yang luas dan tersebar.

Dengan kondisi tersebut, diperlukan pangan dalam jumlah mencukupi dan tersebar yang memenuhi kriteria konsumsi maupun logistik yang mudah diakses oleh setiap orang.

Untuk memastikan terpenuhinya pangan bagi masyarakat Kota Bengkulu, Komisi 3 DPRD Kota Bengkulu, Senin, (28/03) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan memanggil Dinas Pangan dan Pertanian.

Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok
Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok

Wakil Ketua Komisi 3 Baidari Citra Dewi yang memimpin jalannya RDP mengatakan pangan merupakan komoditas penting untuk membangun bangsa. Ketahanan pangan, menurutnya, merupakan masalah yang sangat serius. Sebab, ketahanan pangan bagian dari sendi ekonomi masyarakat dan juga menjadi tolok ukur kesejahteraan rakyat.

“Semuanya tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dari jumlah maupun mutunya dan produksi pangan terus meningkat dengan posisi yang aman di tengah pandemi dan krisis global,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Desi Aneri mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai program dan kegiatan untuk memastikan ketersediaan dan ketahanan pangan.

Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok
Komisi 3 saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Dispangtan Kota Bengkulu, Senin, 28 Maret 2022, Foto: Dok

Diantaranya program ketersediaan, akses dan konsumsi pangan yang berkualitas, Pemantapan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan, pemantapan sistem distribusi dan stabilitas harga pangan serta Pemantapan ketersediaan dan penanganan rawan pangan.

Di akhir RDP, Baidari menegaskan Dewan berkomitmen mendukung Dinas Pangan dan Pertanian dalam menjamin ketersediaan pangan. Baidari melanjutkan sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang tetap bertahan di masa pandemi Covid-19, selain sektor UMKM.

“Kami akan kawal dan dukung dalam hal menjaga ketahanan pangan,” pungkas Politisi Partai Nasdem ini. (Adv)

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru