Sabtu, Mei 18, 2024

Kue Ini Cara Makannya Digoyang-goyang

kue cecodot
kue cecodot

kupasbengkulu.com – Tidak dapat dipungkiri Indonesia begitu kaya dengan kesinian, adat-istiadat hingga budayanya, begitu pula dengan keragaman kuliner. Ada beberapa makanan yang terbilang “aneh” namun merupakan makanan khas suatu daerah, seperti Kue Clorot yang merupakan makanan khas masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kue ini berupa kue berbahan dasar tepung beras yang diadon dengan campuran gula merah. Wadahnya berbentuk kerucut panjang terbuat dari dari daun kelapa (janur). Adonan tersebut kemudian dikukus.

Rasa kue clorot ini manis dan gurih, namun cara menyantapnya tidak biasa. Karena wadah kerucut tersebut tidak dibuka, melainkan digoyang dan digosok. Tujuannya untuk melepaskan kue dari wadahnya. Kemudian wadah tersebut ditekan keatas untuk mengeluarkan kue. Bagi yang belum terbiasa tentu akan bingung dengan cara memakan kue ini, ada juga yang merasa lucu.

Untuk membuat Kue Clorot, bahan-bahan yang disiapkan berupa: 150 gr tepung beras, 500 cc santan, 1/2 kg gula merah, garam secukupnya dan daun kelapa muda untuk membungkus. Cara membuatnya: Pertama, campur tepung beras, santan, gula merah dan garam, aduk rata hingga kalis. Kedua, masak adonan di atas api kecil benar-benar matang. Ketiga, buat janur berbentuk terompet, lalu isi dengan adonan yang sudah matang. Keempat, kukus Clorot selama 20 menit. (beb)

Related

TP PKK Bengkulu Gelar Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan

Kupas News, Bengkulu - Tingkatkan minat masyarakat gemar mengkonsumsi...

Valentines Day, Santika Bengkulu dan Iconic Food “Love to Eat”

Kupas News, Bengkulu – Santika Indonesia Hotels & Resorts...

Grand Opening Kafe Harsa Eat Terobosan Menu Andalan Unik di Bengkulu

Kupas News – Sebagian besar pelaku usaha kafe berlomba-lomba...

Ini Resep Membuat Pendap Makanan Khas Bengkulu yang Mampu Manjakan Lidah

Kupas Kuliner – Pendap merupakan makanan khas Kabupatan Bengkulu...

Cita Rasa yang Otentik dari 10 Makanan Khas Bengkulu

Kupas Kuliner - Bengkulu merupakan salah satu provinsi di...