Jumat, September 30, 2022

Kulit Manggis Bengkulu Mampu Menumpas Penyakit

Baca selanjutnya

Para ibu dari Kelurahan Kandang Mas, Kota Bengkulu berhasil membuat sirup herbal ekstrak kulit manggis yang berkhasiat bagi berbagai penyakit.
Para ibu dari Kelurahan Kandang Mas, Kota Bengkulu berhasil membuat sirup herbal ekstrak kulit manggis yang berkhasiat bagi berbagai penyakit.

kupasbengkulu.com – Buah Manggis merupakan salah satu buah asli Indonesia yang telah ada sejak dahulu. Sentra produk Manggis tersebar ke berbagai wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Sulawesi. Masyarakat mengenal Manggis sebagai salah satu buah musiman. Namun perlu diketahui manfaat buah Manggis bagi kesehatan bukan terletak pada daging buahnya, melainkan pada kulit buahnya. Di dalam kulit Manggis terdapat komponen yang bersifat antioksidan yang disebut Xanthones.

Fungsi utama antioksidan/ Xanthones adalah melawan (menetralisir) prooksidan atau lebih dikenal sebagai radikal bebas, yang mampu menghambat proses penuaan organ tubuh, mencegah penyakit jantung, kanker, kebutaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Xanthones bagi kesehatan:
– sebagai antiinflamasi/ peradangan
– sebagai antibakteri
– sebagai antijamur
– sebagai antivirus
– sebagai antidiabetes
– sebagai antikanker
– mencegah dan mengatasi penyakit jantung

Saat ini di Kota Bengkulu sendiri, khususnya di Kelurahan Kandang Mas telah ada usaha rumah tangga (home industry) yang mengembangkan sirup herbal yang terbuat dari ekstrak kulit Manggis ini. Usaha ini dikembangkan oleh kelompok usaha kecil dan menengah Kelurahan tersebut.

“Sirup ini telah dikombinasikan dengan Rosella dan Madu, yang mana perpaduan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan,” ujar Neti, Selasa (04/03/2014).

Adapun penyakit yang bisa disembuhkan dengan ekstrak kulit Manggis ini antara lain, diabetes melitus, stoke, hipertensi, anemia, vertigo, gangguan jantung, kolesterol, batu ginjal, liver, hepatitis, inflamasi, asam urat, antioksidan, anti alergi, hipertensi, gangguan pencernaan, maag gastroatritis, HIV/AIDS, insomnia, osteoporosis, nyeri sendi, hipotyroid, asam urat, kanker payudara, kanker rahim, prostat, detoksifikasi, retina blastoma, katarak, typus, DBD, dan membantu pertumbuhan otak anak.

“Tidak hanya itu, ekstrak kulit Manggis juga berguna untuk kecantikan, seperti menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat,” tutupnya. (val)

Herman Tri Wuryanto Resmi Jabat GM Mercure Bengkulu Gantikan Paulus Karim

Kupas News, Kota Bengkulu – Herman Tri Wuryanto resmi menggantikan Paulus Karim sebagai General Manager Mercure Bengkulu. Acara pisah sambut malam pergantian General Manager...

Kapolres Mukomuko Imbau Warga Laporkan Peredaran Obat Terlarang dan Miras

Kupas News, Mukomuko - Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah hukum Polsek Mukomuko Utara, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Rabu, menggelar Forum Diskusi Situasi kamtibmas...

Forkopimda Sepakat Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara

Kupas News, Kota Bengkulu - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu serta Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Hukum Bengkulu, sepakat mendukung Pemerintah Provinsi...

Polisi Tangkap Wartawan Gadungan Usai Peras Kelompok Tani

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang wartawan gadungan mengaku dari media Tribun Tipikor berinisial SE (40 tahun) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan...

Bengkulu Targetkan Bebas Rabies Tahun 2030

Kupas News, Kota Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan provinsi Bengkulu terbebas dari Penyakit Rabies. Penyakit rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari...

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Terbaru