Beranda DAERAH BENGKULU Lewat Jembatan Bumi Ayu, Anda Harus Antre 300 Hari

Lewat Jembatan Bumi Ayu, Anda Harus Antre 300 Hari

0
Perbaikan Jembatan
Perbaikan Jembatan

kupasbengkulu.com – Sejak pengerjaan Penggantian Jembatan Bumi Ayu yang dimulai 20 Februari lalu, masyarakat yang melintasi jembatan harus sabar menanti. Pasalnya, berdasarkan Kontrak Nomor KV. 08.08/PJN-WIL.II/PPK5/ 2014-56, pekerjaan Penggantian Jembatan Bumi Ayu itu akan dilaksanakan selama 300 hari, terhitung 20 Februari 2014-17 Desember 2014.

Sementara antrean di lokasi tersebut cukup panjang, karena di wilayah tersebut merupakan akses menuju Pelabuhan Pulau Baai. Antrean terlihat mulai dari depan SBPU Bumi Ayu, untuk mengatur lalu lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota menempatkan  petugas di 2 pos jaga.

Karena diameter jembatan sementara terbilang sempit, maka lintasan kendaraan dilakukan secara bergantian masing-masing sekitar selama 5 menit. Lima menit dari arah Pulau Baai dan lima menit berikutnya dari arah Simpang Pagar Dewa. Agar tidak ada pengguna jalan yang menerobos, penjaga pos membentangkan tali sebagai portai, sehingga kendaraan melintas sesuai giliran yang ditentukan petugas.

Menyikpai hal itu Kepala Urusan Tata Usaha PPK5 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Bengkulu, Mudzakir mengimbau agar masyarakat yang melintasi wilayah itu untuk bersabar. Sebab sistuasi antrean akan terus terjadi selama 300 hari.

“Penggantian jembatan itu untuk kepentingan transportasi, karenanya kami harapkan masyarakat bisa mengerti dan memaklumi kondisinya hingga pekerjaan selesai pada 17 Desember nanti,” kata Mudzakir.

Penggantian jembatan Bumi Ayu menggunakan APBN Murni sebesar Rp 13.583.810.000, pengerjaannya dilakukan oleh PT.Rudi Jaya selaku kontraktor.

Disisi lain Kota melarang kendaraan yang bertonase lebih dari 5 ton melintasi  jembatan karena jembatan tersebut merupakan jembatan darurat. Untuk sementara angkutan dengan tonase lebih dari 5 ton seperti angkutan barang dan batubara dialihkan melintas jalur alternatif. Jalur alternatif tersebut melewati arah Air Sebakul – Simpang Betungan – Simpang Kandis  dan masuk ke Pelabuhan Pulau Baai, begitu pun sebaliknya.(beb)