Minggu, November 27, 2022

Pemuda Semaku Melek Merdeka Finansial dengan Edukasi Pasar Modal

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Persatuan Wartawan Indonesia (GIBEI PWI) Provinsi Bengkulu, Sabtu, menggelar edukasi dan literasi tentang pasar modal pada generasi muda Seluma-Manna-Kaur (SeMaKu) di sekretariat IkaSeMaKu, Pekan Sabtu, Kota Bengkulu.

Ketua IkaSeMaKu, Pihan Pino mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap dari edukasi ini, lahir generasi muda yang memiliki mindset baru tentang investasi di pasar modal. Sehingga, nantinya dapat meraih merdeka finansial.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan sudah lama kami nantikan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pintu masuk generasi muda kita melek merdeka finansial,” kata Pihan.

Sementara itu Direktur GIBEI PWI, yang juga sekretaris PWI provinsi Bengkulu, Dedi Hardiansyah Putra menjelaskan tingkat literasi finansial generasi muda saat ini mulai tumbuh, seiring dengan kemajuan teknologi yang memudahkan kegiatan investasi di pasar modal.

Namun demikian, tidak sedikit juga generasi muda yang terjebak pada FOMO, yang berakibat pada kehilangan uang mereka karena kegiatan investasi bodong. Makanya edukasi ini penting untuk memahami antara investasi yang benar dan investasi bodong atau penipuan.

“Kita miris sebenarnya masih ada yang tertipu arisan online, investasi bodong dan kegiatan lainnya yang menjanjikan keuntungan yang tak logis. Nah, melalui edukasi ini, kami berharap generasi muda kita melek dan cerdas berinvestasi,” ujar Dedi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Bengkulu, Bayu Saputra memaparkan tentang pentingnya berinvestasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa yang memiliki idealisme yang kuat membangun kekuatan ekonomi dalam negeri.

“Langkah rill dalam membangun kekuatan ekonomi nasional kita adalah dengan meningkatkan jumlah kepemilikan modal investor lokal, sehingga keuntungan perusahaan-perusahaan nasional dapat dibagikan pada investor lokal, bukan pada investor asing,” jelasnya.

Ia juga memberikan gambaran perbedaan mindset orang super kaya dan masyarakat biasa tentang bagaimana mengolah keuangan. “Mindset orang super kaya adalah begitu ada pendapatan mereka berinvestasi terlebih dulu, sedangkan orang biasa, begitu ada pendapatan maka akan langsung dihabiskan,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, trainer BEI Perwakilan Bengkulu, Herlin Andini yang mengenalkan pasar modal dan pilihan-pilihan instrumen investasi. Narasumber lainnya yakni Representative IPOT Securitas, Reza Nurul Amar yang mengenalkan cara-cara berinvestasi di pasar modal. (*)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru