Beranda POLITIK Pentingnya Pembekalan Bagi Pemilih Pemula

Pentingnya Pembekalan Bagi Pemilih Pemula

0

Bambang Soeroso

kupasbengkulu.com – Angka Golongan Putih (Golput) atau tidak menentukan pilihannya pada tahun 2009 lalu sebesar 30 persen. Melalui pemahaman soal Pemilu terhadap pemilih pemula diharapkan mampu menekan angka Golput tersebut. Hal ini dikemukakan Anggota DPD RI, Bambang Soeroso, Kamis (06/03/2014).

“Secara demokrasi maka pemilu menjadi penting, untuk itu saya mengimbau setiap kita warna negara Indonesia menggunakan hak pilihnya secara benar, baik dan cerdas, dengan begitu angka golongan putih (Golput) akan kecil,” ungkapnya.

Menurut dia, pemilih pemula harus diberikan pengarahan untuk lebih paham dalam pemilu ini, karena juga menentukan keberhasilan pemilu. Sekarang pemilih pemula harus memahami pengetahuan dan cerminan akan pemilu dan hak pilih sebagai pembelajaran untuk pemula.

“Kami menyadari pendidikan politik untuk pemula itu masih sangat kurang. Dan seluruh DPD sekarang sudah mulai memberikan pendidikan politik untuk pemilu ini kepada pemilih pemula,” katanya.

Lanjut dia, pemilu bisa dikatakan terlaksana dengan baik jika pembekalan terhadap pemilih ini sudah diberikan secara benar. Banyaknya permasalahan di lapangan, maka pemilu belum bisa dikatakan berhasil.

Diharapkannya, pemilu terlaksana dengan baik sesuai dengan azaznya yakni jujur dan adil serta transparan.

“Peran serta masyarakat, pemilih pemula dan partai politik serta caleg perseorangan untuk menyampaikan pesan pemilu sangat diharapkan, jangan sampai peserta pemilu sendiri yang merusak tatanan pemilu,” tutup Bambang.(yee)