Beranda Humaniora Ratusan Warga Binaan Ikuti Lomba Panjat Pinang

Ratusan Warga Binaan Ikuti Lomba Panjat Pinang

0
Ratusan Warga Binaan Ikuti Lomba Panjat Pinang
Sejumlah Warga binaan di Lapas Kelas II A Bentiring, Kota Bengkulu mengikuti perlombaan panjat pinang merayakan HUT RI Ke-77, Rabu, 17 Agustus 2022, Foto: Dok/Irfan Arief

Kupas News, Bengkulu – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari yang paling dinanti bagi sejumlah narapidana. Selain dapat remisi, para narapidana juga bisa menikmati berbagai hiburan dan perlombaan yang disuguhkan pihak Lembaga Pemasyarakatan (lapas) setempat.

Penantian ini turut di rasakan Aulia Rahmawan Putra, binaan Lapas Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu. Ia mengaku senang bisa menikmati momen kemeriahan HUT RI kendati masih dalam masa pidana.

“Alhamdulillah, saya dan teman teman disini sangat senang dan terhibur bisa ikut merasakan kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia di tempat ini,” kata Aulia, Rabu, (17/8).

Aulia adalah satu dari ratusan peserta yang antusias mengikuti perlombaan panjat pinang yang diselenggarakan di halaman serba guna Lapas Kelas II A Bentiring. Dirinya juga mengungkapkan baru pertama kali ikut lomba panjat pinang. Selama ini, kata Aulia, hanya sebatas menjadi penonton saja.

“Seumur hidup baru tahun ini mengikuti perlombaan panjat pinang. Ternyata tidak mudah untuk bisa sampai keatas di kelilingi puluhan hadiah,” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Bengkulu Ade Kusmito di Kota Bengkulu mengatakan perlombaan panjat pinang yang diselenggarakan pihaknya sebagai upaya agar warga binaan dapat membentuk kerja sama antar tim.

“Lomba panjat pinang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77. Selain itu ada juga perlombaan-perlombaan yang lain,” kata Ade Kusmito.

Ia berharap warga binaan disini dapat memaknai Hari Kemerdekaan RI untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan perlombaan lainnya, seperti bola voli, futsal, Fashion show. Ada juga pentas musik yang dibawakan langsung narapidana berkeahlian khusus dibidang musik.

“Pada perlombaan panjat pinang ini kami telah menyiapkan hadiah utama uang tunai sebesar Rp1 juta, makanan ringan, perlengkapan mandi dan perlengkapan kebersihan lainnya untuk warga binaan,” demikian Ade Kusmito.

Editor: Iman Sp Noya