Rabu, November 30, 2022

Teknik Fotografi Mixed Light, Sudah Pernah Coba?

Baca selanjutnya

Kupas News – Pada konsep kali ini, beberapa fotographer ingin menampilkan cahaya lampu neon di atap dan efek cahaya ambient (ruangan) yang ditimbulkan, sehingga ruangan terlihat berdimensi akibat cahaya ambient tersebut.

Saat memotret dengan teknik strobist, di upayakan dimulai dengan mengukur Ambient Light. Teknik ini disebut Mixed Light. Biasanya seorang fotographer lebih memunculkan dimensi ruangan dengan cahaya flash strobist.

Tapi kali ini, cahaya flash strobist lebih di fokuskan hanya untuk menyinari Point Of Interest (POI) saja, yaitu obje-objek kedua yang berada di belakang objek depan.

Berikut 3 flash dalam menggunakan teknik strobist, yaitu:

  1. Flash + Softbox dari sisi kiri kamera, biasanya akan memberikan fill light pada objek yang ada di depan (pegang kaca pembesar)
  2. Flash + Payung Silver dari sisi kanan kamera memberikan cahaya pada objek yang berada di sisi belakang. Sehingga menghasilkan cahaya yang lebih kuat dengan kontras tinggi perkuat peran objek tersebut sebagai POI.
  3. Back Light (Bare Flash tanpa Light Modifier) di belakang kepala objek, yang ada di belakang akan munculkan efek rim light pada objek atau POI tersebut.

Kunci untuk kendalikan ambient light itu digunakan sebagai “kill ambient light” atau “mixed light” seperti pada foto-foto yang tampak terang bagian belakangnya adalah dengan memainkan (shutter) speed yang ada di pengaturan kamera.

Hanya speed, satu-satunyanya dari 3 elemen segitiga exposure (f/ , speed dan ISO) yang bisa mengendalikan kekuatan ambient terpisah dengan kekuatan flash. Tetapi perlu juga diperhatikan tempat objek yang dipilih. Diusahakan pada tempat yang tidak terlalu gelap.

Untuk itu, menurut pengamatan hemat seorang fotografi, karya yang berberkualitas tidak harus didapatkan dari alat mahal. Namun pada artikel kali ini lebih dijelaskan pada pola pengaturannya. Karena alat mahal hanya menunjang kecepatan, kemudahan, dan penampilan saja, tidak untuk akan mengatur komposisi mixed light.

Editor: Irfan Arief

BI Bengkulu Gandeng ACC Sosialisasikan QRIS Alat Bayar Berbasis Digital

Ketua ACC Bengkulu Usmadi Dianto saat menyerahkan plakat kepada Oni Luthfi pada kegiatan sosialisasi QRIS di Arga Makmur, Bengkulu Utara, Senin, 28 November 2022....

Lalai Tinggalkan Dompet, IRT di Penarik Lapor Polisi

HR saat diamankan Polsek Penarik Raya, Kabupaten Mukomuko, Foto: Dok Kupas News, Mukomuko - Seorang pria berinisial HR (37) warga Desa Sumber Sar, Kecamatan Air...

Gubernur Rohidin Hadiri Peresmian Better Home

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan pada peresmian supermarket bahan bangunan (Better Home) di Jalan Adam Malik, Kota Bengkulu, Senin, 28 November 2022,...

Reses Irwan Eriadi Serap Aspirasi untuk Menunjang Pembangunan Dapil

Kupas News, Bengkulu - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Irwan Eriadi, SE, M.Si, menggelar reses masa persidangan ke III tahun sidang 2022 di Daerah Pemilihan...

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru