Beranda Berita Tiga Hari Kedepan, Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Tiga Hari Kedepan, Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

0
Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, S.Sos., M.H., Foto: Dok

Kupas News – Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, S.Sos., M.H., menghimbau kepada masyarakat Bengkulu untuk selalu waspada atas peringatan dini hujan lebat disertai angin kencang, dan petir yang berpotensi terjadi hampir di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang dikeluarkan oleh BMKG Bengkulu, hari Minggu (31/10).

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Kondisi tersebut kemungkinan terjadi selama tiga hari kedepan. Cuaca ekstrem ini akan terjadi pada siang, sore, dan malam hari. Hujan lebat paling dominan terjadi di wilayah pegunungan seperti di Kabupaten Bengkulu Tengah, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kaur, Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

Rilis prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, Foto: Dok

“Kami menghimbau kepada masyarakat provinsi Bengkulu untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam menghadapi cuaca ekstrem ini, terutama untuk pengendara kendaraan bermotor baik roda empat ataupun dua yang melintas di area pengunungan, karena ada potensi pohon tumbang dan longsor,” ujarnya.

Cuaca buruk itu tersebut dipengaruhi adanya daerah belokan angin di wilayah Bengkulu, serta labilitas lokal kuat di wilayah di Bengkulu, sehingga dapat mendukung proses konvektif atau proses pertumbuhan awan hujan wilayah Bengkulu. Untuk itu di himbau masyarakat agar selalu waspada akan potensi banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.