oleh

Tiga Kasus HIV/AIDS Bengkulu Tengah, Satu Meninggal

 I Putu Sura Artika Kadinkes Bengkulu Tengah
I Putu Sura Artika Kadinkes Bengkulu Tengah

kupasbengkulu.com – Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Tengah menyatakan bahwa selama satu tahun terakhir tercatat tiga kasus HIV/AIDS yang ditemukan diwilayah tersebut.

Jumlah tersebut masih bisa berubah, mengingat data terakhir masih data hingga Januari 2014. Jumlah ini juga disebut sama dengan tahun sebelumnya yakni periode 2012-2013.

Kadinkes setempat, I Putu Sura Artika menyatakan, dari tiga kasus tersebut salah seorang diantaranya sudah meninggal dunia pada awal tahun ini. Sedangkan, dua yang lainnya masih mendapatkan pelayanan intensif.

“Untuk keterangan nama dan domisilinya kita rahasiakan, yang jelas kedua orang ini terus mendapat pelayanan agar tetap prima, mengingat yang diserang oleh virus ini adalah kekebalan tubuh,”jelasnya.

Sementara itu, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) untuk Bengkulu Tengah baru saja didirikan tahun ini. Usulannya baru dimasukkan pada bulan Mei 2014 lalu, saat ini sedang menunggu persetujuan dari Pemkab setempat.

“Mungkin usulan tersebut belum sampai sebulan kita masukkan, tapi KPA Bengkulu Tengah sedang diusahakan berdiri, mengingat ditemukannya kasus HIV/AIDS diwilayah ini,”lanjutnya.

Ditambahkan lagi, dibeberapa Puskesmas wilayah Bengkulu Tengah, seperti Karang Tinggi dan Talang Empat juga sudah dilengkapi klinik untuk pelayanan para penderita HIV/AIDS. Tentunya, tambah Putu, dengan identitas diri para penderita yang juga disembunyikan.

“Tidak hanya penderita, kita juga melayani para orang yang beresiko tinggi (resti) terkena HIV/AIDS,”pungkasnya. (vai)

Rekomendasi