oleh

Tiga Kecamatan Kota Bengkulu Dapat Bantuan Kemiskinan

kupasbengkulu.com – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan (MP) Kota Bengkulu bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) tahun ini mendapatkan bantuan untuk percepatan penanggulangan dan penguatan kemiskinan.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui program Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yang bernama Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI).

Dikatakan Kepala Bappeda Kota, Dr.Hj.Fitriani Badar AP, M.Si bantuan tersebut untuk 3 kecamatan, meliputi Kecamatan Kampung Melayu, Kecamatan Muara Bangka hulu dan Kecamatan Selebar. Untuk Kecamatan Muara Bangkahulu lebih ditekankan pada penanggulangan engatasi banjir dengan membangun drainase. Di Kecamatan Kampung Melayu difokusnya pada layanan penerangan listrik dan jalan. Sedangkan di Kecamatan Selebar direncanakan pembangunan infrastruktur jalan.

“Dalam mendapatkan bantuan program MP3KI ini Bappeda Kota telah menyampaikan usulannya sejak tahun 2013 ke Bappeda Provinsi Bengkulu, yang kemudian disampaikan ke Bappenas. Berdasarkan seleksi dan verifikasi oleh oleh Bappenas diputuskan bantuan MP3KI untuk 3 kecamatan,” terang Fitriani.
“Tujuan digulirkannya bantuan program itu untuk meningkatkan akses infrastruktur permukiman warga miskin di wilayah perkotaan. Dan mempunyai tujuan yang akan berdampak luas untuk perbaikan kehidupan masyarakat yang masuk kriteria kawasan miskin,” tambahnya.

Disisi lain, sejak awal tahun 2014, Bappeda selaku Sekretaris mengoptimalkan peran dan fungsi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Pengoptimalan tersebut dimaksudkan agar laju pengentasan kemiskinan berjalan maksimal, sebab selama ini TKPKD dinilai hanya sebatas organisasi dan tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. (beb)

Rekomendasi