Jumat, Januari 28, 2022

Uang Komite SMAN 2 Manna Rp 1,4 Miliar Dipertanyakan

Baca selanjutnya

SMA N 2 BS (1)
Rapat Komite SMAN 2 Kota Manna

kupasbengkulu.com – Rapat komite sekolah di SMAN 2 Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, diwarnai dengan aksi walk out oleh salah seorang perwakilan walimurid. Tidak hanya itu, keuangan komite SMAN 2 Manna dipertanyakan walimurid lantaran tidak jelas peruntukkannya.

Hal ini ditunjukkan dari penerimaan uang komite tahun 2013/2014, yang total penerimaan bulanan dan tahunan mencapai Rp 1,121 Miliar ditambah dana BOS Rp 135 juta total keseluruhan sekitar Rp 1,4 Miliar serta dana rutin dari APBD sebesar Rp 150 juta.

Dikatakan Tanto (41) salah seorang perwakilan walimurid, pengeluaran dana diduga banyak diberikan kepada dewan guru, pegawai TU, perjalanan dinas kepala sekolah keluar dan dalam propinsi/jakarta, minum tamu dan ruang kepala sekolah, minum guru dan pegawai serta tidak sesuai peruntukan.

Bahkan, dana kegiatan rutin sekolah dari APBD daerah sebesar Rp 150 juta diduga tidak dilampirkan dan terkesan sengaja disembunyikan, saat dalam musyawarah komite. Padahal, dana rutin tersebut wajib diketahui.

”Saat rapat wali murid yang hadir hanya sekitar 100 orang dari jumlah siswa sekolah SMA N 2 tersebut, sementara total murid sebanyak 794 orang. Ini tentunya belum memenuhi unsur korum rapat yang resmi,” kata Tanto, Jumat (5/8/2014).

Ia menambahkan, seharusnya dalam rapat pleno pengesahan penggunaan realisasi dana komite sebelum disahkan harus dibahas terlebih dahulu penggunaan dana tersebut.

”Kalau di SMA 2 itu jangankan dibahas, pihak sekolah sudah mengesahkan sendiri tanpa ada rapat terlebih dahulu dengan walimurid,” jelas dia.

Hingga berita ini dionlinekan, jurnalis kupasbengkulu belum dapat mengubungi pihak komite sekolah maupun kepala sekolah bersangkutan.(tom)

- Advertisement -

Genap Setahun, Kapolri Usung Semangat Transformasi Polri yang Presisi

Kupas News, Jakarta – Jenderal Listyo Sigit Prabowo genap menjabat satu tahun menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), hari ini, setelah dilantik oleh...

Pemkot Bengkulu Raih Predikat Standar Kepatuhan Pelayanan Publik

Kupas News, Bengkulu – Ditahun 2021, standar pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali meraih piagam penghargaan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik dari Ombudsman...

Dua dari Tiga Pelaku Curanmor di Seluma Masih Dibawah Umur

Kupas News, Seluma – Tiga orang tersangka berinisial RP (17) , AL (17) dan DH (20) terlibat Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Ketiganya merupakan warga...

Gubernur Rohidin Pastikan Alokasi Dana KUR Sentuh Industri Kecil

Kupas News, Bengkulu – Provinsi Bengkulu kembali mendapatkan penambahan alokasi kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Pemerintah Pusat yang akan disalurkan melalui Bank Himbara...

Bengkulu Masuk 10 Besar Nasional Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berhasil mendapatkan predikat Baik dengan perolehan nilai 2,79 di atas Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan nilai...

Terbaru