Selasa, Mei 21, 2024

Ujian Kompetensi Keahlian Syarat Lulus UN SMK

Kepala SMKN 5 Kota Bengkulu, Syaripin Efensi, S.Pd.
Kepala SMKN 5 Kota Bengkulu, Syaripin Efensi, S.Pd.

kupasbengkulu.com – Beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu menggelar pameran terhadap hasil Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan praktek mata pelajaran Kewirausahaan. Salah satunya SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Tadi pagi karya siswa kelas XII dipamerkan dalam acara yang diikuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dispendikbud Kota Bengkulu.

Kompetensi keahlian tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan Ujian Nasional (UN). Rekapitulasi hasil ujian praktek kejuruan harus diserahkan pada pelaksana UN tingkat pusat paling lambat tanggal 28 Maret 2014.

Untuk penilaian  Kompetensi Keahlian dilakukan sesuai karakteristik Kompetensi Keahlian didasarkan atas kinerja dan produk yang dihasilkan oleh peserta. Selanjutnya penguji memberikan bobot dan skor untuk setiap komponen penilaian. Penguji juga dapat melaksanakan ujian praktek ulang bagi peserta yang belum mencapai standar.

Di SMK Negeri 5 terdapat 5 jurusan, 4 diantaranya mengikuti ujian kompetensi yakni Kriya Kayu, Kriya Tekstil, Seni Tari, Desain Komunikasi dan Visual. Sementara satu jurusan lagi adalah Jurusan Akuntansi yang baru dibuka tahun ajaran 2013/2014.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun yang merupakan tindak lanjut dari Ujian Kewirausahaan. Jadi selain hasil karya praktek mata pelajaran, juga dilihat nanti penjualan seperti apa, modan dan keuntungannya seperti apa,” terang Kepala SMKN 5, Syaripin Efensi, S.Pd, Senin (3/3/2014).

Dengan kompetensi keahlian yang mencukupi, diharapkan lulusan SMK mampu bersaing di dunia globalisasi dan bisa membuka lapangan kerja baru. Sehingga slogan ‘SMK Bisa’ tidak hanya slogan namun benar-benar terwujud. (beb)

Related

Gubernur Rohidin Mersyah Dukung Pengembangan UINFAS Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terima...

PKBM se-Kota Bengkulu Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Keuangan

Kupas News, Kota Bengkulu - Sebanyak 76 peserta dari...

Hadiri Peresmian SALUT, Wabup Wasri Ingin UT Jadi Akses Kemajuan Daerah

Kupas News, Mukomuko – Wakil Bupati Mukomuko Wasri, hadiri...

Sosialisasi Literasi Digital Menangkal Hoax dan Disinformasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Bidang Humas Polda Bengkulu...

39 Kwarda Ikuti Peran Saka 2022, Sekdaprov Ingatkan Jaga Nama Baik Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi...