Selasa, Maret 5, 2024

Waka I DPRD Lebong Tegaskan ASN dan Non-ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Waka I DPRD Lebong Tegaskan ASN dan Non-ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Thu, 01/11/2024 – 16:12

Dedi Hariyanto, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lebong, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Netralitas ASN menjadi prinsip penting dalam sistem pemerintahan demokratis. Prinsip ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelayanan publik tetap profesional, transparan, dan adil tanpa dipengaruhi oleh kepentingan politik atau golongan tertentu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lebong, Dedi Hariyanto. Maka itu, Ia menegaskan ASN di lingkungan Pemkab Lebong untuk tidak ikut serta dalam politik praktis. Apalagi saat ini memasuki hitungan hari jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Jadi sesuai perannya, ASN diharapkan melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku. Mereka dilarang terlibat dalam kegiatan politik aktif, seperti berpartisipasi dalam kampanye politik atau menjadi anggota partai politik,” tegas Dedi.

ASN adalah pegawai yang bekerja untuk pemerintah dalam berbagai tingkatan dan lembaga. Prinsip netralitas ASN mengacu pada sikap dan perilaku ASN untuk tetap netral dan tidak memihak dalam urusan politik.

“Jadi pelanggaran terhadap netralitas ASN itu sangat berdampak negatif pada integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Penerapan prinsip netralitas ASN juga sangat penting dalam menjaga profesionalitas dan kredibilitas aparatur sipil negara,” jelasnya.

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2023, Dedi melarang keras pegawai pemerintah baik ASN maupun Non-ASN termasuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK berkampanye atau berkegiatan yang mengarah pada keberpihakan, atau sosialisasi di media sosial yang meliputi posting, share, komentar, dan like.

“Sebagai penyelenggara pelayanan publik, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) harus diwujudkan menjelang pemilu 2024. ASN harus bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan politik siapapun,” ujarnya.

Lebih jauh politisi dari Partai Nasdem ini mengajak para pemilih pemula untuk ikut serta berpartisipasi dalam pemilu yang akan berlangsung Februari mendatang. Menurut dia partisipasi pemilih pemula sangat penting untuk memperkuat demokrasi dan mewujudkan representasi yang lebih baik dalam sistem politik.

“Partisipasi pemilih pemula memiliki dampak besar dalam membentuk arah politik. Dengan memahami proses pemilihan dan terlibat dalam politik, pemilih pemula dapat memberikan kontribusi dalam menentukan arah dan masa depan kabupaten Lebong” tutup Dedi Hariyanto.

Reporter: Maya Fitria

Daerah 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...