Selasa, Juni 18, 2024

184 Ribu Jiwa Diusulkan Terima JKN

Kupas News, Bengkulu – Sebanyak 184 ribu jiwa di provinsi Bengkulu diusulkan akan menerima bantuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Alokasi PBI JKN yang disediakan oleh pemerintah provinsi dapat membantu dalam hal jaminan kesehatan masyarakat.

Dikatakan langsung oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto, saat rapat pengusulan pemenuhan sisa kuota Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu di Ruang Rapat Pola Pemda Provinsi Bengkulu, (31/1).

“OPD terkait perlu memaksimalkan agar kuota tersebut didapatkan. Kemudian, Data dari Provinsi dan Kabupaten/kota harus saling sinkron, Jangan nanti masyarakat yang berhak dibantu tetapi tidak dapat bantuan,” tegas Gotri.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar Zo menyampaikan sesuai kebijakan Pemerintah untuk pengisian PBI, harus menggunakan pendekatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saat ini total masyarakat Bengkulu yang mendapatkan Jaminan Kesehatan sebanyak 930.152 Jiwa,” terang Iskandar yang sudah hampir 5 tahun menjabat Kadinsos.

Kemudian, menurut Kepala BPJS  Kesehatan Curup Novi Kurniadi, bahwa terkait pemenuhan kuota PBI JKN yang didanai APBN, untuk pengusulan data yaitu dari Kementerian Sosial ataupun untuk di daerah di Dinas Sosial dan datanya dapat dicek melalui Aplikasi (SIKS-NG).

“Secara nasional Kuota PBI JKN ada 13,9 juta jiwa dan tadi sesuai data Kadinsos Provinsi, untuk Bengkulu ada kuota 184 ribu jiwa,” jelas Novi.

Editor: Iman Sp Noya

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...