Selasa, April 30, 2024

Rektor Unib Respon Positif Talkshow PLN Goes to Campus

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka membuka wawasan dan pemahaman masyarakat khususnya kalangan mahasiswa tentang kondisi dan sistem pembangunan kelistrikan.

(Baca Juga : PLN Beberkan Kekurangan Energi Listrik Bengkulu ke Mahasiswa)

Satu sisi, saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar. Pemerintah, swasta, para pelaku ekonomi skala besar maupun kecil, hingga berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru daerah sangat membutuhkan listrik baik untuk sarana penerangan maupun produktivitas pelayanan dan perekonomian.

Namun di sisi lain ketersediaan energi penggerak kelistrikan khususnya yang berasal dari fosil diprediksi akan habis pada 10-20 mendatang. Jika tidak dilakukan upaya signifikan untuk menggali dan mengelola sumber energi lain seperti air, uap dan panas bumi, dikhawatirkan ke depan akan terjadi krisis listrik yang berpengaruh terhadap berbagai tatanan kehidupan.

“Karena itu, talkshow seperti ini dinilai sangat penting dalam rangka membangun pemahaman dan kesadaran bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjaga efisiensi dan efektifitas penggunaan listrik serta menggali dan melestarikan sumber-sumber energi penggerak pembangkit listrik yang ada di sekitar kita,” ujar Rektor.

Universitas Bengkulu lanjut Rektor, sebagai institusi yang kaya sumber daya manusia dan banyak menghasilkan generasi penerus bangsa yang handal, siap berkontribusi dalam upaya pembangunan kelistrikan di daerah maupun di Indonesia, khususnya menyangkut penelitian, pendidikan dan rangkaian sosialisasi program dalam krangka pengabdian kepada masyarakat.

“Cukup banyak dosen-dosen Unib yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kelistrikan dan pembangkit tenaga listrik. Hasilnya diharapkan dapat berguna bagi keberlangsungan pembangunan kelistrikan. Kemudian kita juga bisa melakukan sosialisasi dan edukasi kelistrikan kepada masyarakat melalui program KKN tematik. Jika ini kita sinergikan dengan program PLN, mungkin output-nya akan lebih bagus,” papar Dr. Ridwan Nurazi.(coy/hms1)

Related

PKB Sebut Teddy Rahman Kuda Hitam Pilkada Seluma

PKB Sebut Teddy Rahman Kuda Hitam Pilkada Seluma ...

Polres Mukomuko Gelar Nobar Laga Semi Final AFC U-23 Indonesia Versus Uzbekistan

Polres Mukomuko Gelar Nobar Laga Semi Final AFC U-23...

Wabup Fahrurozi Sampaikan Capaian Pemkab Lebong di LKPj 2023

Wabup Fahrurozi Sampaikan Capaian Pemkab Lebong di LKPj 2023 ...

Wabup Fahrurrozi Berharap PPPK yang Terima SK Beri Kontribusi untuk Lebong

Wabup Fahrurrozi Berharap PPPK yang Terima SK Beri Kontribusi...

Begini Kata Ketua Sekber Media Terkait Beberapa Media Mundur dari Organisasi

Begini Kata Ketua Sekber Media Terkait Beberapa Media Mundur...