Minggu, Juni 26, 2022

Ada Bank Pemerintah Tak Miliki Izin di Lebong

Baca selanjutnya

Bnak BRI Lebong
Bnak BRI Lebong

kupasbengkulu.com – Kepala Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Lebong, Zainal Husni Thoha, mengaku jika kendala pihaknya dalam pencapaian target PAD hingga September 2014 akibat oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu adanya badan usaha yang belum memiliki Izin Gangguan atau biasa disebut izin HO (Hinderordonnantie).

Izin tersebut mengacu pada UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah serta dirincikan oleh Perda Kabupaten Lebong Nomor 5 Tahun 2005 tentang pajak dan retribusi gangguan.

Ujang Thoha sapaan akrab kepala KPT ini saat dikonfirmasi mengungkapkan badan usaha yang dimaksud adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki tiga kantor cabang dan dua teras di Kabupaten Lebong.

“Dari berdirinya KPT atau sejak 2010 lalu, Bank tersebut belum memiliki HO untuk itu kita tidak bisa menarik pajak,” ujarnya.

Diakui Ujang, pihak KPT sudah dua kali menyurati pihak BRI Unit Muara Aman Curup terkait hal ini. Bahkan Setdakab Lebong melalui asisten I, Khadirman juga sudah melayangkan surat kepada pihak BRI.

“Sudah tiga kali kita surati termasuk Setda, namun sampai saat ini tidak ada respon dari pihak BRI. Padahal, pajak yang dikenakan per tahun itu hanya sebesar Rp 275.000. Untuk itu kita berharap pihak Bank untuk dapat kooperatif dalam membayar pajak,” kata Ujang.

Terpisah, kepala BRI Unit Muara Aman Curup, Andy Helvien saat dikonfirmasi via ponsel mengakui jika pihaknya belum menerima surat tersebut. Namun, pihaknya akan membayar jika memang perlu.

“Sudah saya tanya kepada supervisor, namun tidak ada surat yang dimaksud. Tapi jika itu memang harus dibayar, secepatnya akan kita bayar. Namun, saya akan berkoordinasi lebih dulu dengan pihak BRI Cabang Curup,” demikian Andy. (spi)

Polairud Gelar Lomba Tenis Meja Sambut HUT Bhayangkara

Kupas News, Kota Bengkulu - Semarak menyambut HUT Bhayangkara ke-76 terus digelorakan jajaran Polda Bengkulu dengan menggelar berbagai kegiatan. Sabtu, 25 Juni 2022, giliran...

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Terbaru